Categories

Gadget

New Razer Blade, Laptop Gaming 14-inci dengan Resolusi Tertinggi di Bumi

Yoga Wisesa - 13 March 2014

Saat Sony dan Microsoft berlomba-lomba untuk menghadirkan resolusi full-HD dan 60fps ke ruang keluarga Anda, teknologi grafis diam-diam melesat lebih cepat. Nvidia mengumumkan bahwa seri GeForce GTX 800M telah menggantikan 700M. Menggunakan momentum tersebut, Razer mengumumkan notebook gaming terbaru mereka, New Razer Blade.

Untuk saat ini, Razer Blade adalah notebook gaming tertipis di dunia. Namun bukan itu yang membuat Blade spesial, perangkat ini juga merupakan laptop yang berhasil memecahkan rekor resolusi tertinggi, dengan kualitas QHD+.

Saya akan memberikan sebuah perbandingan. Kita tahu full-HD berarti memiliki 1920x1080 pixel. QHD biasa beresolusi 2560x1440. Maka QHD+ memiliki resolusi 3200x1800.

 

Info menarik: Cara Mengirim Pesan Suara di Facebook Melalui Peramban Chrome

 

Itu berarti laptop tersebut memiliki 5,76 juta pixel dengan kepadatan 262 pixel per inci. Untuk 'menjinakkan' resolusi yang liar seperti ini, Razer membutuhkan panel yang tidak kalah canggih.

Razer Blade baru ini menggunakan layar TFT berteknologi Indium Galliium Oxide (IGZO), untuk menghasilkan warna yang kaya dan tajam serta tingkat brightness yang tinggi: 400-nit melalui layar backlight LED-nya. Dan tentu saja, Razer Blade mengoptimalkan fungsi layar sentuh.

Sebagai perbandingan lagi, ambil contohnya Apple MacBook Pro 15-inci. Laptop ini didukung teknologi layar Retina Display dengan resolusi 2880x1800 pixel. Betul sekali, Razer berhasil memecahkan rekor yang telah lama dipegang oleh Apple dengan menyajikan panel yang satu-inci lebih kecil. Tapi jangan harap perlombaan adu balap grafis akan berakhir, karena 4K Ultra HD adalah target selanjutnya.

Kita mengerti, layar yang canggih juga membutuhkan reaktor pembangkit tenaga yang dapat diandalkan. Razer Blade ditenagai oleh varian kartu grafis terbaru dari Nvidia, yaitu GeForce GTX 870M dipadu dengan prosesor Intel Core generasi keempat i7-4702HQ. Ia juga dilengkapi dengan 8GB RAM dan sistem penyimpanan SSD SATA M.2 dengan pilihan 128, 256 atau 512GB.

 

Info menarik: Aplikasi Email Untuk Windows Mailbird Hadirkan Dukungan Proxy, 12 Bahasa, dan POP3

 

Yang menakjubkan adalah ukuran serta bobot yang dimiliki New Razer Blade. Laptop ini berdimensi 34,5x23,5x1,8 sentimeter, sangat tipis untuk kelas notebook gaming, dengan bobot super-ringan: hanya dua kilogram. Dengan begitu, Anda bisa menyimpan kecanggihan teknologi panel Razer Blade aman di dalam ransel.

Sekedar informasi, peralihan ke seri GeForce GTX 800M ini bukan hanya dilakukan oleh Razer. MSI juga telah memperbarui produk laptop gaming GT dan GE mereka ke varian kartu grafis yang lebih baru ini - dengan harga sekitar US$ 1.500 sampai US$ 1.300. Lalu bagaimana dengan harga Razer Blade sendiri?

Berita baiknya, Razer Blade tidak dibanderol dengan harga sekelas varian high-end AlienWare ataupun MSI. Berita buruknya, tetap saja harganya cukup mahal, US$ 2.199. Rencananya Razer Blade akan mulai didistribusikan bulan April.

Via RazerZone.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter