Pernah mendengar tentang aplikasi email bernama Newton? Kalau pernah, Anda mungkin mengingatnya sebagai salah satu aplikasi email termahal. Bagaimana tidak, selama hampir dua tahun, aplikasi yang sebelumnya bernama CloudMagic itu harus ditebus dengan tarif berlangganan seharga $50 per tahun, dan sekarang tarifnya malah naik menjadi $100 per tahun.

Namun di balik tarif yang mahal itu, ada tim developer yang bekerja keras untuk terus menyempurnakan karyanya. Hal itu kembali dibuktikan lewat fitur terbaru Newton yang bernama Recap, yang memungkinkan aplikasi untuk secara otomatis menyoroti emailemail yang masih menanti balasan Anda maupun yang perlu ditindaklanjuti.

Jadi kalau ada email penting yang belum sempat Anda balas, atau sebaliknya yang belum dibalas oleh si penerima dan sepertinya perlu Anda ingatkan kembali, Newton bakal mengumpulkannya dengan rapi di satu tab baru dengan icon seperti simbol rewind. Di samping itu, Recap juga mencakup email yang berisi reminder maupun deadline.

Tampilan fitur Recap pada Newton Mail / CloudMagic
Tampilan fitur Recap pada Newton Mail / CloudMagic

Kalau memang perlu, pengguna dapat memilih untuk diberi notifikasi yang mengingatkan mereka untuk mengecek bagian Recap. Notifikasi ini hanya datang sekali dalam satu hari, dengan tujuan tidak mengganggu kesibukan pengguna.

Gmail sebenarnya juga memiliki fitur serupa yang dijuluki Nudge, akan tetapi sejauh ini baru tersedia di versi web pada perangkat desktop saja. Recap, di sisi lain, sudah tersedia pada versi terbaru Newton Mail di semua perangkat, terkecuali versi iPad-nya yang masih belum.

$100 per tahun memang terkesan luar biasa mahal untuk sebuah email client, itulah mengapa tersedia pula opsi subscription lain seharga $10 per bulan. Newton juga menyediakan free trial selama 14 hari bagi para pengguna baru.

Sumber: Newton via Engadget.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.