Categories

Gadget

Nexa3D NX1 Diklaim Sebagai 3D Printer Tercepat Saat Ini

Bisa mencetak objek setinggi 1 cm dalam 1 menit

Glenn Kaonang - 24 November 2015

Saat ini sudah ada banyak 3D printer yang bisa dibeli konsumen rumahan seperti kita. Namun terlepas dari keragamannya, masih ada satu problem yang terkadang bisa sedikit menjengkelkan: proses pencetakan yang lama. Di mata sebagian besar orang, ini bisa dibilang ‘penyakit’ umum 3D printer yang sudah dipasarkan sejauh ini.

Sebuah startup asal Itali, Nexa3D, ingin menawarkan solusi atas masalah tersebut. Lewat Kickstarter, mereka memperkenalkan Nexa3D NX1, yang diklaim merupakan 3D printer tercepat saat ini. Seberapa cepat? Hingga 40 kali lipat lebih cepat daripada 3D printer tradisional – yang kelas rumahan tentunya.

Kecepatan ini sanggup dicapai berkat teknologi rancangan Nexa3D sendiri yang mereka sebut dengan istilah LSPC (self-Lubricant Sublayer Photocuring). Kelebihannya tak sekedar mempercepat proses saja, tetapi juga diyakini bisa meningkatkan akurasi pencetakan di sumbu Z (X = panjang, Y = lebar, Z = tinggi).

Namun tetap saja, kecepatan-lah yang menjadi sorotan utama di sini. Secara spesifik, NX1 sanggup mencetak objek dengan tinggi 1 cm hanya dalam waktu sekitar satu menit – panjang dan lebar objek tentu juga berpengaruh terhadap prosesnya. Volume pencetakannya sendiri berkisar 120 x 90 x 200 mm, dengan resolusi sumbu XY mencapai angka 120 mikron.

Sayang, karena memakai teknologi buatannya sendiri, NX1 juga membutuhkan cartridge resin khusus yang cuma bisa dibeli dari sang pengembang. Pun demikian, sistem yang diusung cartridge berbentuk tabung ini cukup unik karena pengguna bisa melepas dan memasangnya dengan mudah.

Bagian menarik lain dari NX1 adalah, ia bisa digunakan tanpa harus tersambung ke komputer. Ia memanfaatkan jaringan Wi-Fi atau Ethernet untuk berkomunikasi dengan perangkat. Semisal aplikasinya tidak tersedia untuk tablet tertentu, pengguna tetap bisa melakukan pencetakan dengan sebuah web app yang disediakan – tersedia pula colokan USB untuk mencetak file yang tersimpan dalam flash disk.

Soal fisik, Nexa3D NX1 bukanlah sebuah 3D printer yang mungil. Bobotnya mencapai 15 kg, akan tetapi penampilannya sendiri terbilang sangat elegan – sepintas mirip seperti casing komputer kelas high-end.

Harga yang ditawarkan Nexa3D NX1 di Kickstarter adalah $1.485, dan akan naik menjadi $1.850 di luar masa kampanye. Namun mungkin karena harus ditenagai oleh cartridge yang sifatnya proprietary, 3D printer ini pun sejauh ini baru ditawarkan ke konsumen di benua Amerika dan Eropa saja.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter