18 November 2015

by Glenn Kaonang

Neyya Adalah Cincin Pintar yang Sanggup Mengontrol Berbagai Gadget Anda

Dilengkapi sebuah touchpad yang dapat membaca berbagai gesture pada bagian atasnya

Smartwatch butuh waktu cukup lama sebelum akhirnya mencapai titik matangnya seperti saat ini. Lalu bagaimana dengan kategori perangkat wearable lain, seperti misalnya cincin pintar alias smart ring? Perangkat ini masih tergolong belum begitu mainstream, dan salah satu alasannya mungkin karena pabrikan belum menemukan formula yang tepat untuknya.

Sejauh ini, perangkat smart ring yang ada umumnya mengandalkan fungsi sebagai penerus notifikasi dan alat bantu pembayaran elektronik. Meneruskan notifikasi sudah bisa dilakukan dengan baik oleh smartwatch, sedangkan pembayaran elektronik baru diterapkan di sejumlah negara saja. Lalu apa sebenarnya fitur unik yang bisa ditawarkan sebuah cincin pintar?

Menurut cincin pintar baru bernama Neyya ini, jawabannya adalah sebagai remote control untuk berbagai gadget Anda, merevolusi cara kita berinteraksi dengan bermacam perangkat yang kita gunakan sehari-harinya.

Neyya sebenarnya bisa dianggap sebagai sebuah touchpad mini yang bisa Anda bawa ke mana-mana. Bagian atasnya merupakan permukaan datar berwarna hitam yang terbuat dari bahan polycarbonate dan bersifat kapasitif.

Pakai Neyya pada jari telunjuk, maka Anda bisa menggerak-gerakkan ibu jari Anda di atas touchpad tersebut untuk mengontrol berbagai perangkat, mulai dari perangkat Android, iOS, PC Windows, Mac, set-top box sampai action cam GoPro sekalipun.

Kegunaan Neyya sangatlah beragam. Di konteks pekerjaan, ia bisa digunakan untuk mengontrol jalannya slide presentasi PowerPoint dengan gestureswipe. Gesture lain, misalnya sentuh lalu tahan selama tiga detik bakal mengaktifkan Siri di iPhone. Selebihnya, Anda juga bisa mengontrol aplikasi musik, kamera, dan lain sebagainya dengan gesture-gesture sederhana.

Kehadiran sebuah touchpad ini membuat fisik Neyya sedikit lebih bongsor ketimbang cincin tradisional – meski mungkin masih kalah besar dari cincin batu akik milik tetangga saya. Untungnya, secara estetika Neyya masih ditopang oleh penggunaan material yang mewah dan elegan, yakni titanium atau emas 18 karat.

Neyya mengandalkan Bluetooth 4.0 sebagai jembatan koneksinya dengan berbagai perangkat yang hendak dikontrol. Hal itu berarti ia juga tetap bisa berfungsi sebagai penerus notifikasi layaknya smart ring lain, dan daya tahan baterainya cukup awet dengan estimasi penggunaan selama 3 hari. Proses charging-nya sendiri cuma memerlukan waktu 90 menit menggunakan wireless charger yang termasuk dalam paket pembelian.

Saat ini Neyya sudah dipasarkan seharga $139 untuk model titanium, dan $179 untuk model emas 18 karat. Ia juga hadir dalam tiga ukuran yang berbeda sehingga bisa disesuaikan dengan ukuran jari masing-masing.

Sumber: Marketwired dan Wareable.