Categories

Berita

Ngomik.com Rilis Komik Premium Bisa Dibeli Dengan Potong Pulsa

Wiku Baskoro - 1 July 2011

Ngomik.com hari ini merilis secara resmi komik premium yang bisa dibeli oleh para penggemar komik langsung dari situs mereka.

Ngomik.com merupakan layanan yang memberikan fasilitas bagi komikus untuk memajang karya mereka dan dibaca oleh para penikmat komik. Sebelumnya komik yang ada bisa dibaca secara gratis, kini selain komik gratis mereka juga menyediakan komik premium yang bisa dibeli oleh para penikmat komik. Ngomik juga menyediakan berbagai fasilitas lain untuk membina komunitas mereka, seperti fitur Mural.

Untuk komik premium mekanisme yang dijalankan oleh Ngomik.com adalah melakukan seleksi dari kiriman para komikus, jika komik yang dikirimkan telah lolos seleksi dan memenuhi standar kualitas tim editorial maka komik ini nantinya bisa dipajang dan dibeli oleh para pembaca. Ada dua mekanisme pembayaran yang bisa dipilih, yang pertama adalah deposit dengan melakukan transfer ke Ngomik.com dan yang kedua adalah dengan fasilitas potong pulsa.

Berikut penjelasan dari Ngomik.com atas dua fasilitas pembayaran ini yang saya kutip dari rilis resmi via email:

Deposit dengan melakukan transfer ke ngomik.com. Setelah proses transfer selesai, saldo deposit pengguna akan bertambah dan bisa digunakan untuk membeli komik-komik premium. Sedangkan untuk proses pembelian komik premium dengan menggunakan potong pulsa, pengguna pertama-pertama harus memasukkan nomor handphone (saat ini khusus pelanggan Telkomsel). Setelah itu pengguna harus memverifikasi dengan mengirim sms 'ngomik ver' ke 9296. Kemudian pengguna akan mendapatkan sms balasan berupa kode aktivasi. Pengguna kemudian memasukkan kode aktivasi tersebut di halaman profile-nya. Setelah seorang pengguna memiliki nomer handphone yang telah terverifikasi, pengguna bisa membeli komik-komik premium dan secara otomatis akan pulsanya akan terpotong. Mekanisme ini diharapkan bisa diterima di pasar Indonesia mengingat banyaknya pengguna handphone sehingga memudahkan proses pembelian komik.

Untuk revenue sharing, pihak Ngomik.com membaginya dengan sistem 60:40 (60% untuk Komikus dan 40% untuk Ngomik.com), namun pada penjelasan lewat email, pembagian ini dilakukan setelah dikurangi biaya-biaya yang melibatkan pihak ketiga, yang berarti pembagian pendapatan dilakukan setelah dikurangi biaya dari operator. Bisa jadi ada perbedaan porsi pembagian antara metode deposit dan potong pulsa, selain itu porsi pembagian dengan potong pulsa bisa berubah dengan negosiasi khusus.

Ngomik juga menyediakan fasilitas dashboard bagi para komikus yang menjual komik mereka, dashboard ini akan menampilkan data dari penjulan komik yang mereka unggah dan jual di Ngomik.com.

Seperti yang pernah dituliskan di DailySocial sebelumnya, hal ini memang telah dipersiapkan oleh Ngomik.com dan tentunya bisa menjadi sumber pendapatan bagi mereka, meski harga komik cukup murah, sekitar Rp. 1000, namun dalam perkembangannya bisa menjadi peluang tersendiri, terutama jika penjualannya dalam jumlah banyak dan edisi komik pun dikerjakan secara berkelanjutan (saat tulisan ini ditulis, penjualan tertinggi komik berjumlah 159 dengan harga 1.000 rupiah).

Selain merilis penjualan komik dan sistem pembayarannya, Ngomik.com juga melakukan beberapa perkembangan atas fitur yang telah ada sebelumnya, seperti fasilitas Mural yang kini memberikan fasilitas bagi pengguna untuk memodifikasi tampilan mural di profil mereka dengan mengubah warna latar belakang atau menggantinya dengan gambar tertentu, selain itu pengguna bisa mention pengguna lain, mirip yang bisa dilakukan di Twitter.

Kerja sama antar penerbit lewat fasilitas preview publisher juga telah menghasilkan dua penerbit yang bergabung dengan fasilitas ini di Ngomik.com, dua penerbit itu antara lain Gramedia (Koloni) dan Mizan (Koin).

Bersamaan dengan beberapa pembaruan ini, tampilan mobile Ngomik juga mengalami penyempurnaan. Lalu bagaimana dengan pembelian komik lewat perangkat bergerak? Ngomik,com menjelaskan bahwa kini, selain menyempurnakan fasilitas komik premium di web, mereka juga akan melakukan perubahan dengan versi terbaru untuk mobile web.

Fasilitas baru yang cukup menarik dari Ngomik.com yang kini telah memiliki 2.043 komik di situs mereka dan 5.623 pengguna aktif. Mereka tinggal menyediakan komik yang bermutu dan menarik untuk dijual, apalagi layanan seperti Ngomik.com bukan satu-satunya, Komikoo juga menyediakan fasilitas premium namun dengan metode yang berbeda.

Bagaimana menurut pendapat Anda, apakah Anda mau menggunakan fasilitas pembelian komik di Ngomik.com? Pendapat Anda kami tunggu pada kolom komentar.

Update: Tambahan informasi, Wisnu Manupraba dari Ngomik.com menambahkan bahwa komikus bisa menentukan sendiri harga komik yang akan dijual dalam kisaran harga mulai dari Rp 500 sampai dengan Rp 10.000.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter