Di bulan Juli dan Agustus ini, Pokémon Go sedang merayakan ulang tahun pertamanya. Saat baru dirilis, permainan mobile berbasis augmented reality itu dalam sekejap menjadi fenomena sosial. Tak hanya dinikmati para gamer, Pokémon Go juga memberikan keuntungan bagi pemilik bisnis, penegak hukum, bahkan mendorong orang untuk rajin pergi ke rumah ibadah.

Demam Pokémon Go mungkin sudah mereda, namun jangan dikiria Niantic Labs melupakan gamer yang masih setia menikmatinya. Setelah melepas update raksasa berisi fitur multiplayer raid, developer mengumumkan jadwal event global Pokémon Go. Menariknya, acara tersebut mengangkat tajuk berbeda berdasarkan lokasi pelaksanaannya. Ada Pokémon Go Fest Chicago, Pokémon Go Safari Zone di Eropa, dan Pikachu Outbreak di Jepang.

Event dimulai dengan festival di kota Chicago pada hari Sabtu tanggal 22 Juli, tepatnya di Grant Park. Di sana, tim Pokémon Go mengundang para trainer berkumpul bersama untuk mendapatkan tiga kesempatan buat memperoleh ‘reward global‘, meminta mereka menangkap spesies Pokémon secara spesifik. Twist-nya: mereka akan mendapatkan efek berbeda tergantung dari tipe monster. Misalnya: tipe Electric mengurangi jarak yang dibutuhkan buat menetaskan telur, lalu tipe Grass memberikan Anda bonus Stardust.

Detail mengenai bonusnya bisa Anda liat dari infografis di bawah:

Pokemon Go Fest

Selanjutnya, Pokémon Go Safari Zone akan dilangsungkan di Eropa. Berikut ialah lokasi dan jadwalnya:

  • 5 Agustus 2017: Fisketorvet – Copenhagen, Denmark;  Centrum Cerny Most – Praha, Republik Ceko
  • 12 Agustus 2017: Mall of Scandinavia – Stockholm, Swedia
  • 16 September 2017: CentrO – Oberhausen, Jerman; Les Quatre Temps – Paris, Perancis; La Maquinista – Barcelona, Spanyol

Ketujuh lokasi Pokémon Go Safari Zone memberikan Anda peluang buat menangkap Pokémon-Pokémon langka yang tadinya hanya bisa ditemui di daerah Kanto dan Johto. Beberapa spesies bahkan sebelumnya tidak pernah muncul di Eropa.

Pokemon Go Safari Zone

Pikachu Outbreak di Yokohama, Jepang

Para pemain dan fans di Jepang memang harus menunggu kurang lebih dua bulan, namun tampaknya developer sedang menyiapkan kejutan menarik serta memastikannya jadi acara paling heboh. Tim Pokémon Go belum menjelaskan apa itu Pikachu Outbreak, namun boleh jadi melibatkan monster tikus listrik berwarna kuning dalam jumlah besar. Event akan dimulai dari tanggal 9 sampai 15 Agustus.

Di tanggal 22 hingga 23 Juli 2017, developer juga punya agenda buat melangsungkan acara Big Heritage di Inggris Raya. Saat ini, detail mengenainya masih belum diungkap.

Sumber: Pokémon GO Live.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.