1. Startup

Niche Commerce : Buat Situs eCommerce Anda Sendiri

Bosen sama eCommerce? Maybe. Tapi fakta reaksi pasar berkata sebaliknya, situs-situs ecommerce yang bermunculan saat ini merupakan salah satu tanda pergerakan startup lokal yang sehat. Tokopedia, Krazymarket, Tokobagus, Plasa.com, QiosQu, Juale dan lain-lain merupakan peserta-peserta dalam pertandingan ecommerce lokal meskipun tidak semuanya berkompetisi secara langsung.

Apakah pada akhirnya pemenangnya hanya satu? Tentu tidak. Ekosistem ecommerce ini baru mulai bergerak dari arah yang general menuju ke arah yang lebih niche. Niche bagaimana? Spesifik dan range yang sangat sempit, istilahnya jadi ikan besar di kolam kecil. Masalah di platform? Tidak lagi.

Wordpress merupakan salah satu CMS favorit saya, engine blog yang juga memperkuat infrastruktur DailySocial.net dan jutaan situs lainnya. Kenapa? It's very flexible, anda bisa membuatnya menjadi blog, corporate website, galeri foto, jejaring sosial bahkan sampai ke situs ecommerce milik anda sendiri. Caranya pun sangat mudah dan hampir tidak mengeluarkan biaya sama sekali.

Sebuah perusahaan web developer juga telah mengembangkan sebuah plugin WP eCommerce yang didaulat sebagai plugin terbaik untuk ecommerce diatas platform Wordpress. Lihat saja daftar situs-situs yang sudah menggunakan kombinasi Wordpress + WP eCommerce, ratusan! Dan hampir semuanya merupakan toko online yang menjual barang yang unik, spesifik dan langka. Di dunia niche-commerce seperti ini positioning is everything.

So, kenapa tidak anda mulai untuk membuat toko online anda sendiri?

It's very simple, very easy dan it's almost free. Anda cukup membeli domain dan hosting saja, instalasi Wordpress + WP eCommerce + Compatible theme semuanya gratis! Hmm... tertarik?

Valent Mustamin, our dear friend seorang penggiat Wordpress Indonesia (yang juga dulu banyak membantu proses migrasi CMS DailySocial) mengadakan sebuah event yang sangat menarik bagi anda-anda yang tertarik terjun ke dunia eCommerce. Acara Seminar + Workshop Wordpress for eCommerce yang diadakan Sabtu, 12 Juni 2010 di Auditorium Microsoft Indonesia, Gedung BEI (dulu BEJ) Tower 2 lantai 18.

Untuk teman-teman yang tertarik untuk berjualan online, atau sekedar penggemar berat Wordpress (seperti saya) ada baiknya daftar dan datang ke acara ini untuk mempelajari lebih lanjut mengenai teknis pengembangan situs berbasiskan Wordpress untuk eCommerce. Jika anda tertarik, cepat sign up disini dan baca-baca keterangan lebih lanjut di situs resminya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again