Categories

Mobile

Nickelodeon Screens Up Mengombinasikan AR Dengan Acara TV Tradisional

Selain menyajikan konten berbasis AR, Anda bisa menemukan berbagai mini-game serta mengutak-atik stiker augmented reality.

Yoga Wisesa - 23 July 2018

Ketika cara konsumen mengakses dan menikmati konten hiburan mulai berubah, para pemain di industri harus pintar beradaptasi. Dalam melakukannya, Nickelodeon telah merilis app mobile di perangkat Android dan iOS, serta meluncurkan jaringan radio dibantu iHeartMedia pada tahun 2013. Dan kali ini, Nickelodeon mencoba mengintegrasikan AR dalam layanan mereka.

Minggu lalu, jaringan TV khusus acara anak yang meluncur hampir empat dekade silam itu memperkenalkan sebuah inisiatif baru. Dinamai Screens Up, program ini sangat unik karena mencoba memadukan penyajian siaran televisi tradisional dengan teknologi augmented reality via perangkat bergerak. Pemanfaatan smartphone atau tablet buat mengakses AR bukanlah hal baru, tapi metode penyuguhan Screens Up terbilang unik.

Implementasi Screens Up seperti ini: Dalam acara Nickelodeon tertentu, notifikasi akan muncul dan penonton diminta mengaktifkan aplikasi sembari mengarahkan kamera ke layar televisi. Selanjutnya, app akan melakukan sinkronisasi, lalu adegan tertentu di acara TV memicu konten augmented reality – misalnya membuat karakter atau objek keluar layar atau mengaktifkan konten rahasia.

Nickelodeon menjelaskan bahwa Screens Up disiapkan sebagai ‘pusat engagement‘. Selain menyajikan konten berbasis AR, Anda bisa menemukan berbagai mini-game serta mengutak-atik stiker augmented reality. Opsi stiker akan bertambah banyak seiring dengan kian banyaknya event yang Anda ikuti. Nickelodeon berjanji untuk meng-update koleksi stiker AR tiap minggu.

Nickelodeon Screens Up 1

Di versi awalnya, aplikasi Screens Up siap menyuguhkan mini-game berupa trivia dan polling. Seluruh permainan tersebut tersinkronisasi ke acara televisi yang sedang ditayangkan. Di waktu ke depan, Nickelodeon akan menambah jumlah game-nya. Sejumlah permainan itu juga dapat diakses di luar waktu penayangan program.

Fungsi augmented reality Screens Up tentu saja jadi fitur andalan di sana. Berdasarkan trailer dan gambar, app AR tersebut dapat mengeluarkan tumpahan lendir hijau dari TV tanpa mengotori ruangan Anda hingga memunculkan karakter-karakter seperti Patrick sang bintang laut dan menaruhnya di telapak tangan Anda.

Screens Up merupakan buah karya Nickelodeon dengan mitranya Eyecandylab. Basis dari Screens Up ialah Augmen.TV. Teknologi ini memungkinkan penyedia layanan menambahkan komponen interaktif di konten yang mereka suguhkan melalui augmented reality. Metode tersebut mengubah karakteristik penonton dari pasif menjadi ‘peserta aktif’.

Saat ini Screens Up sudah bisa diunduh dan gunakan, tersedia di Google Play serta Apple Store. Acara pertama yang mendukung aplikasi ini adalah Kid’s Choice Sports.

Via VentureBeat.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id