3 December 2013

by Yoga Wisesa

GameStreaming dari Nvidia Shield Kini Dukung Resolusi 1080p

Untuk Anda yang masih ragu akan kemampuan Nvidia Shield, tidak lama lalu para pengembangnya memberikan sebuah update yang mungkin akan mengubah perspektif Anda pada console gaming handheld garapan perusahaan pionir di lini grafis ini.

Agustus lalu Nvidia sendiri telah memperkenalkan sebuah fitur dalam Shield yang bernama GameStream. Fitur ini memungkinkan Anda menikmati permainan-permainan blockbuster berkualitas 'console next-gen' dengan teknologi GeForce GTX dan kemampuan Wi-Fi Shield yang sangat rendah latency.

Terdapat 50 game yang bisa Anda nikmati dengan fitur GameStream, beberapa di antaranya adalah Batman: Arkham Origins, Dishonored, Metro: Last Light, Borderlands 2 hingga The Elder Scrolls V Skyrim. Sayangnya waktu diumumkan kemarin, GameStream hanya mendukung resolusi 720p.

Dengan update terbaru ini, Anda bukan hanya bisa menikmati game di 60 frame-rate per second, tetapi juga resolusi full-HD 1080p via metode streaming - seperti nama yang diusungnya. Selain itu Nvidia juga mengumumkan fungsi cloud streaming GRID. Yang satu ini memungkinkan Anda menikmati game PC tanpa perlu mengakses PC, namun server cloud service a la OnLive. Fitur GRID masih masuk dalam tahap beta dan hanya bisa dinikmati oleh para pengguna Shield di Amerika Utara.

Tentu saja fitur revolusioner ini juga membutuhkan konektivitas dan kemampuan jaringan yang tidak kalah tinggi: Anda perlu koneksi broadband dengan router wireless berkecepatan 5GHz dan ping tidak boleh lebih tinggi dari 40ms ke server GRID yang ada di San Jose, Amerika Serikat.

Mari kita lupakan sejenak angan-angan yang terlalu tinggi ini. Selain mendongkrak kemampuan GameStreaming, Nvidia telah mengkalibrasi ulang Gamepad Mapper di Shield. Dengan Gamepad Mapper, pengguna bukan hanya bisa mengkustomisasi tombol di Shield untuk disesuaikan dengan game-game layar sentuh, ia juga bisa dipakai untuk mengatur kontrol gerakan sensitif via input analog.

Contohnya jika Anda sedang bermain Temple Run, biasanya gyroscope menjadi senjata utama untuk mengontrol sang jagoan berlari. Dengan Gamepad Mapper, Anda bisa mengontrol tokoh utama dengan stick analog - Anda sama sekali tidak perlu memiringkan Shield.

Beginilah kira-kira cara kerja GameStreaming:

Via IGN. Gambar header: GeForce.com, Gambar lain: Anandtech.com.