Dark
Light

Nikmati PlayStation DualShock 4 di PC Anda Sekarang Juga

2 mins read
November 20, 2013

Sebelumnya kita sudah tahu bahwa controller DualShock 4 bisa disambungkan ke PC, sang presiden Shuhei Yoshida sendiri yang membenarkan informasi tersebut walaupun ia tidak lupa menyebutkan bahwa DualShock 4 hanya akan berjalan untuk fungsi dasar saja. Namun belum ada seminggu ia (dan PlayStation 4) diluncurkan, seorang programer membuat hal ini menjadi nyata.

Saya akan membahas sedikit secara teknis. Pada dasarnya controller akan mengakses dan mensinkronisasi fungsi yang dimilikinya dengan game melalui API bernama XInput. API ini pertama kali diperkenalkan ke PC saat Microsoft meluncurkan controller Xbox 360 di PC tahun 2005. XInput memetakan fungsi alat kontrol sehingga sangat memudahkan developer mendesain opsi input.

Sebelumnya sebuah komunitas programer telah mencoba mengutak-atik DualShock 3 (untuk PlayStation 3) agar juga bisa digunakan di personal computer. Sayangnya ia sama sekali tidak mendukung XInput. DualShock 4 mempunyai cerita dan masalah yang sama, Sony juga sama sekali belum memberikan update informasi tentang perilisan driver di PC. Ketiadaan XInput membuat banyak permainan PC tidak bisa mengenali DualShock 4. Memang akhirnya akan lebih mudah menggunakan periferal-periferal controller yang sudah tersedia untuk PC, seperti besutan Razer hingga Logitech.

Namun seorang programer membuat sebuah terobosan baru. Bukannya memaksa mengopreknya dengan API DirectInput, individu ber-nickname InhexSTER ini mengadopsi proyek DualShock 3 yang dahulu terhenti. Ia membuat sebuah program ‘wrapper‘ XInput untuk DualShock 4 sehingga input controller ini bisa dikenali. Alhasil, ia bisa menikmati XCOM: Enemy Within dengan DualShock terbaru.

Saya sendiri sudah mencoba Enemy Within. Game turn-based strategy, base dan squad-management ini adalah salah satu game adiktif terkompleks yang membutuhkan navigasi mouse dan keyboard penuh. Dan bukankah layout controller lebih pas untuk permainan-permainan platformer atau action seperti Rogue Legacy dan Dark Souls? Namun fakta bahwa ia bisa digunakan untuk bermain game serumit XCOM berarti solusi wrapper InhexSTER bisa dibilang luar biasa.

Tentu saja apa yang ia lakukan ini bisa dibilang ‘tidak resmi’, namun sangat salah jika kita menyebutnya ilegal. Menurut pengakuan PC Gamer, Anda bahkan bisa mengaksesnya dengan fitur wireless Bluetooth. Ia berjalan cukup memuaskan saat diuji di bawah sistem operasi Windows 8 dan 8.1.

Sayang terdapat konflik saat mencobanya di Windows 7 karena PC tetap tidak mau membacanya. Masih terdapat cukup banyak masalah pada kompatibilitas driver dan gelombang radio yang tepat, sehingga menyambungkannya dengan kabel masih menjadi alternatif terbaik.

Tentu saja program wrapper ini masih jauh dari kata sempurna: fitur getar belum tersedia di versi awal, belum bisa mengakses status LED, port headset di bagian bawah belum aktif, fungsi touchpad belum tersedia, bahkan Anda belum bisa mematikan DualShock 4 dengan mudah. Tapi tentu saja komunitas XInput Wrapper sudah bergerak ke arah yang benar. Hal ini juga mungkin akan memacu Sony untuk menggarap driver PC dengan lebih cepat – ingatkah Anda bahwa hal ini pernah terjadi pada Microsoft Kinect, dan akhirnya Microsoft merilis device motion sensor ini secara resmi di PC?

Jika Anda tertarik ingin langsung mencobanya, program wrapper ini sangat mudah digunakan. Silakan unduh via forum PCSX2 dan buka folder zip-nya. Buka folder Virtual Bus Driver dan jalankan ScpDriver.exe untuk menginstal driver. Setelah beres, Anda siap meluncur. Segera sambungkan DualShock dengan kabel micro USB dan jalankan ScpServer.exe di direktori yang tadi Anda tuju. Dan Anda siap beraksi.

Via PC Gamer

Previous Story

[Rumor] Spesifikasi Asus Transformer Pad TF502T

Next Story

Harga Retail PlayStation 4 Hampir Tidak Menutupi Biaya Produksinya

Latest from Blog

Don't Miss

PS5 Access Controller

PS5 Access Controller Rilis Global Jelang Akhir Tahun

Sony akhirnya mengumumkan spesifikasi lengkap mengenai Project Leonardo, atau yang
ASUS Mini PC

ASUS Mini PC ExpertCenter PN53 dan PN64 Resmi Hadir di Indonesia: Pilihan Prosesor AMD atau Intel

ASUS Open Platform Business Group (OPBG) saat ini meluncurkan 2