Categories

Mobile

Nikon SnapBridge Versi 2.0 Hadirkan Kontrol Kamera Secara Penuh dan Tampilan Lebih Rapi

Juga mendukung pairing hingga lima kamera yang berbeda sekaligus

Glenn Kaonang - 5 December 2017

Di antara semua pabrikan kamera, Nikon tergolong yang paling tertinggal di kategori mirrorless, bahkan melebihi rival abadinya, Canon. Namun hal itu bukan berarti Nikon tidak mau mengadopsi tren baru. Buktinya bisa kita lihat dari inovasi mereka bernama SnapBridge.

Nikon SnapBridge pada dasarnya merupakan konektivitas wireless berbasis Bluetooth. Kalau sebelumnya kamera hanya mengandalkan Wi-Fi saja untuk menyambung ke smartphone atau tablet, SnapBridge memulai tren baru yang lebih efisien dan efektif dengan memadukannya dengan Bluetooth. Alhasil, kamera jadi bisa terus tersambung secara konstan ke smartphone.

Satu fungsi yang paling bermanfaat dari SnapBridge adalah kemampuan memindah gambar dari kamera ke ponsel secara otomatis. Pengguna hanya perlu fokus menjepret dan menjepret, dan foto-foto yang diambil bakal langsung bisa dilihat dan dibagikan ke media sosial dari smartphone.

Hampir dua tahun sejak meluncur pertama kali bersama Nikon D500, SnapBridge akhirnya sudah siap diperbarui secara signifikan. SnapBridge versi 2.0 mengemas sederet fitur baru yang cukup menarik, termasuk perbaikan desain secara menyeluruh agar lebih mudah dinavigasikan.

Nikon SnapBridge 2.0

Yang paling utama adalah, SnapBridge kini dapat digunakan untuk mengontrol kamera secara penuh. Selain menampilkan live view dari kamera, SnapBridge juga memungkinkan pengguna mengubah pengaturan exposure dari ponsel; mulai dari mengganti mode P/S/A/M, shutter speed, aperture, exposure compensation, tingkat ISO sampai memilih white balance.

SnapBridge versi 2.0 juga telah mendukung pairing hingga lima kamera sekaligus, sehingga pengguna bisa berganti dari satu kamera ke yang lain dengan mudah tanpa perlu menjalani proses pairing ulang. Di samping itu, Nikon turut menyematkan mode power-saving agar smartphone yang tersambung tidak terkuras dayanya saat SnapBridge sedang tidak digunakan.

SnapBridge versi 2.0 saat ini sudah bisa didapatkan melalui App Store dan Google Play. Kamera yang kompatibel adalah sebagai berikut: Nikon D850, D500, D7500, D5600, D3400, CoolPix A900, A300, B700, B500, W100, W300, dan KeyMission 80.

Sumber: DPReview.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter