Categories

Gadget

Nintendo Akhirnya Umumkan Waktu Rilis Pokémon Go

Aksesori Pokémon Go Plus juga akan tersedia di hari pelepasan game garapan Niantic itu.

Yoga Wisesa - 16 June 2016

Di E3 kali ini, Nintendo memutuskan buat memamerkan beragam game Wii U dan 3DS melalui program Treehouse. Di sana, Nintendo menyingkap informasi lebih lanjut mengenai permainan-permainan Mario teranyar, sekuel BOXBOY!, serta satu IP baru. Tapi bagi sejumlah fans, tak ada kabar yang lebih dinanti dibanding waktu peluncuran Pokémon Go.

Kejutan yang disiapkan Nintendo memang jadi rusak akibat kebocoran video gameplay Pokémon Go bulan April silam saat tes beta sedang berlangsung. Kabar baiknya, kita tidak perlu menunggu lebih lama lagi untuk menikmati game Pokémon berbasis augmented reality ciptaan Niantic tersebut. Akhirnya sang raksasa gaming Jepang itu mengumumkan waktu perilisan Pokémon Go.

Pokémon Go disajikan sebagai judul free-to-play dengan in-app purchase buat Android dan iOS, mengusung sistem menyerupai karya Niantic sebelumnya, Ingress. Nintendo turut menyediakan aksesori Pokémon Go Plus, sebuah aksesori clip-on yang terhubung ke smartphone lewat Bluetooth LE - gunanya adalah untuk mempermudah pemain menangkap Pokémon serta mengumpulkan item.

Pokémon Go Plus akan memberi notifikasi saat terjadi event dalam game, misalnya sewaktu mendeteksi monster di dekat Anda, dengan memanfaatkan LED serta getaran. Berbekal perangkat tambahan ini, kita dapat menangkap Pokémon tanpa perlu mengeluarkan handset.

Ada sejumlah fakta yang membuat Pokémon Go begitu menjanjikan. Pertama ialah hubungan antara Pokémon dengan tipe lingkungan. Monster-monter lucu ini terikat ke lokasi khusus, misalnya, Tentacool dan Magikarp banyak ditemukan di area pantai; sedangkan hutan, pegunungan serta padang pasir menjadi rumah bagi spesies Pokémon lain - berdasarkan elemen mereka. Terlepas dari itu, developer menegaskan bahwa mereka tidak akan memposisikan Pokémon di tempat-tempat tak terjangkau ataupun berbahaya.

Yang tak kalah unik adalah penempatan item dan Pokémon Gym; ditaruh di landmark, monumen atau tempat-tempat bersejarah. App akan menyala ketika Anda mendekati titik tersebut. Lalu untuk menetaskan telur Pokémon, game menantang Anda menempuh jarak tertentu, misalnya harus berjalan sejauh 2km, 5km, dan seterusnya. Buat proses evolusi, Anda perlu menangkap satu spesies Pokémon beberapa kali.

Pokémon Gym sendiri berfungsi sebagai arena PvP, dikendalikan oleh faksi-faksi. Di awal game, Anda diminta menentukan tim, berlaku secara global: merah, biru dan kuning. Gym bisa saling diperebutkan, dan jika sudah jadi milik tim, Anda bisa melatih Pokémon di sana.

Pokémon Go segera hadir di bulan Juli 2016, bersamaan dengan perilisan aksesori Pokémon Go Plus, dibanderol US$ 35.

Via Nintendo. Tambahan: Gamespot.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter