5 October 2018

by Yoga Wisesa

Nintendo Berencana Untuk Meluncurkan Switch Versi Baru?

Ada peluang, bagian layar perangkat mendapatkan upgrade yang signifikan.

Mulai memeriahkan persaingan console generasi kedelapan di bulan Maret 2017 berbekal konsep hybrid yang diusungnya, perjalanan Switch terlihat begitu mulus. Terhitung di akhir bulan Juni kemarin, Nintendo berhasil menjual hampir 20 unit console. Namun dari informasi yang beredar belakangan, produsen kabarnya malah punya agenda untuk menggarap versi barunya.

Diungkap oleh The Wall Street Journal berdasarkan laporan dari narasumber dan sejumlah pihak pemasok, perusahaan hiburan asal Jepang itu akan meluncurkan varian baru Switch di tahun depan demi menjaga momentum penjualan produk tetap tinggi. Buat sekarang, pihak Nintendo masih berdiskusi mengenai seperti apa hardware, software, fitur anyar yang akan dibubuhkan di perangkat, sembari menakar ongkos produksinya.

Menurut The Wall Street Journal, Nintendo mempertimbangkan untuk memperbarui layar console. Anda mungkin sudah tahu, layar merupakan bagian terlemah di Switch. Unit yang tersedia saat ini dibekali oleh panel LCD low-end, hanya menghidangkan resolusi 720p jika game dimainkan di mode handheld. Di awal perilisannya, sempat terdengar laporan yang menyatakan bahwa display tersebut mudah tergores jika kita tidak hati-hati ketika memasukkannya ke unit dock.

Melalui upgrade, Nintendo berkesempatan buat menyajikan layar yang lebih cerah, efisien dan lebih tipis lagi. Hal itu boleh dibilang cukup krusial mengingat untuk sebuah sistem gaming andalan, mutu serta kinerja display seluas 6,2-inci 237-ppi milik Switch masih berada di bawah smartphone kelas menengah. Meski begitu, kecil kemungkinan produsen akan mengadopsi teknologi panel high-end - misalnya display OLED yang digunakan Apple di iPhone X.

Pengenalan versi baru dari produk console-nya bukanlah hal baru bagi Nintendo. Ambil saja contohnya 3DS. Sejak tersedia di tahun 2011, perangkat gaming handheld tersebut memperoleh beberapa kali 'refresh' dan anggota keluarganya terus bertambah; ada 3DS XL, model tanpa kapabilitas tiga dimensi 2DS, serta varian 'New' baik untuk 3DS, 2DS maupun 3DS XL. Inkarnasi terbarunya adalah New 2DS XL, dirilis di pertengahan tahun lalu.

Sang narasumber menyampaikan bahwa Nintendo berencana buat meluncurkan versi baru Switch di paruh kedua tahun 2019. Produsen sejauh ini belum memberi komentar terkait eksistensi dari 'New Switch', namun di bulan Februari lalu, creative fellow Shigeru Miyamoto sempat menyampaikan keinginannya agar siklus hidup Switch lebih panjang dari platform game Nintendo lainnya. Itu berarti, upgrade di tahun depan bisa jadi bukanlah yang terakhir.

Via Polygon.