Categories

Gadget

Nintendo Luncurkan Reinkarnasi Modern dari Handheld Console Pertamanya

Bukan Game Boy, tapi Game & Watch

Glenn Kaonang - 16 November 2020

Di industri game console, konsumen modern sering kali hanya membandingkan Sony dengan Microsoft, dan lupa sepenuhnya terhadap eksistensi Nintendo. Padahal, kita tahu bahwa Nintendo merupakan salah satu pelopor di segmen ini, tapi di saat yang sama sebagian besar dari kita juga tahu bahwa Nintendo seakan hidup di dunianya sendiri.

Anggapan tersebut kembali mereka buktikan baru-baru ini. Di saat Sony dan Microsoft sibuk mengirimkan PlayStation 5 dan Xbox Series X ke konsumen, Nintendo malah merilis sebuah handheld console yang amat sederhana bernama Game & Watch: Super Mario Bros., reinkarnasi modern dari handheld console pertama bikinan Nintendo di tahun 1980 yang bernama sama.

Nintendo Game & Watch: Super Mario Bros.

Ya, Game & Watch bahkan lebih tua daripada Game Boy, dan hanya bisa memainkan satu game saja tanpa dibekali slot cartridge sama sekali. Untuk versi modernnya, Anda bakal mendapat tiga game: Super Mario Bros., Super Mario Bros. 2, dan Ball, permainan juggling yang disuguhkan oleh Game & Watch orisinal, tapi yang kini memakai karakter Mario ketimbang robot.

Secara fisik, Game & Watch: Super Mario Bros. sangat ringkas dengan dimensi 112 x 67 x 12,5 mm, dan bobot hanya sekitar 68 gram. Layout-nya tampak seperti controller NES yang dijejali layar LCD di bagian tengahnya, dan tema warnanya terinspirasi langsung dari Famicom (nama console NES untuk pasar Jepang).

Saat sedang tidak dipakai bermain, perangkat ini dapat berfungsi sebagai jam digital sesuai namanya. Satu sentuhan manis yang Nintendo bubuhkan adalah beragam animasi yang tampil selama perangkat menjadi penunjuk waktu. Secara total, Nintendo bilang ada 35 animasi jam yang berbeda.

Nintendo Game & Watch: Super Mario Bros.

Sebagai reinkarnasi modern, tentu saja perangkat ini membawa sejumlah elemen canggih yang tidak dimiliki leluhurnya, utamanya layar berwarna dan baterai rechargeable. Dalam sekali pengisian, baterainya diklaim bisa tahan sampai sekitar 8 jam pemakaian, dan charging-nya rupanya sudah mengandalkan sambungan USB-C.

Selebihnya, tidak banyak yang bisa ditawarkan oleh handheld console sesimpel ini selain sebatas nostalgia. Nintendo memperkirakan Game & Watch: Super Mario Bros. bakal tersedia di pasaran sampai 31 Maret 2021, dan mereka sudah mulai menjualnya sekarang seharga $50 di Amerika Serikat.

Sumber: The Verge.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter