Categories

Gadget

Nintendo Labo Buat Pengalaman Bermain Mario Kart 8 Jadi Jauh Lebih Seru

Nintendo juga berjanji untuk menghadirkan dukungan Labo buat game Nintendo Switch lainnya.

Yoga Wisesa - 27 June 2018

Pengungkapan Labo di bulan Januari kemarin ialah hal yang mengejutkan sekaligus menggem-birakan. Hampir tak ada yang menyangka Nintendo memilih kardus dan konsep prakarya dalam menyajikan aksesori console Switch. Selain memperluas cara berinteraksi dengan Switch, Nintendo menyiapkan Labo sebagai sarana edukasi ilmu dasar fisika, programming hingga teknik.

Dari video first look-nya, Anda mungkin sudah melihat beragam inkarnasi dari Labo: dari mulai bentuk rumah mainan, piano mini, setang motor hingga tongkat pancing. Nintendo Labo meluncur resmi pada tanggal 20 April silam, dan dua bulan selepas momen itu, sang perusahaan hiburan asal Jepang mengumumkan kesiapan permainan Mario Kart 8 Deluxe untuk mendukung Labo.

Melalui update software gratis bagi pemilik Switch, game balapan go-kart yang diramaikan oleh karakter-karakter terkenal Nintendo itu dapat dinikmati dengan setang motor kardus Labo, Toy-Con Motorbike. Aksesori ini bisa Anda peroleh dengan membeli Labo Toy-Con 01: Variety Kit. Di Indonesia, Variety Kit dijual di kisaran harga Rp 1,7 jutaan – memang cukup mahal buat sekadar mainan berbasis kardus.

Motorbike 3

Setelah selesai merakit Toy-Con Motorbike dan memasukkan Joy-Con di kedua setangnya, Mario Kart 8 Deluxe dapat diakses lewat dua metode berbeda. Pertama, Anda bisa menyematkan bagian tablet Switch ke slot di dashboard Toy-Con Motorbike buat bermain secara ‘on-the-go‘. Alternatifnya, tersedia mode TV jika Anda ingin menikmati konten secara maksimal di layar lebih lebar.

Motorbike 4

Untuk memudahkan pengendalian, Nintendo telah melengkapi game dengan sejumlah fitur tambahan seperti Smart Steering serta auto-accelerate ketika Anda menggunakan Toy-Con Motorbike sebagai unit controller. Dua fungsi ini bisa dinyala-matikan, sesuai preferensi Anda.

Motorbike 1

“Mario Kart 8 Deluxe adalah permainan pertama di luar software [companion] Nintendo Labo yang memperoleh dukungan controller Toy-Con. Nantinya, akan ada lebih banyak judul yang akan kompatibel dengan Nintendo Labo. Mohon ditunggu!” tulis Nintendo di website-nya.

Motorbike 2

Menurut saya pribadi, penggunaan material kartus/karton sebagai aksesori punya kelebihan dan kekurangan. Kertas kardus merupakan bahan ideal untuk membuat kerajinan tangan, dan alasan Nintendo dalam memilihnya sangat masuk akal. Namun kardus tidak sekuat dan selentur plastik. Itu artinya, user tidak boleh memperlakukan Labo dengan kasar, dan menjadi alasan mengapa Toy-Con Motorbike (atau Labo secara umum) belum pas digunakan oleh konsumen yang terlalu belia.

Sumber: Nintendo.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id