Categories

Gadget

Kontes Nintendo Labo Buktikan Potensi Besar Permainan Kardus di Tangan Konsumen Kreatif

Dengan sejumlah bahan prakarya dan ketekunan dalam memprogram, Anda bisa menciptakan akordion dari kardus untuk Switch

Glenn Kaonang - 16 July 2018

Nintendo Labo bukan sebatas periferal kardus yang dirancang untuk menambah keseruan bermain Nintendo Switch. Salah satu komponen penting dalam Labo justru tidak memiliki wujud fisik sama sekali. Komponen tersebut adalah software bernama Toy-Con Garage, yang dirancang untuk memudahkan konsumen memprogram mainan kardusnya.

Toy-Con Garage sejatinya memungkinkan kita untuk merancang periferal maupun permainan baru untuk Switch. Contoh terbaiknya bisa kita lihat dari sejumlah pemenang Nintendo Labo Creators Contest baru-baru ini. Dua yang paling menarik di antaranya adalah Labo Tea Time rancangan Joseph France dan Solar-Powered Cardboard Accordion rancangan Momoka Kinder.

Labo Tea Time mengajak kita bermain sebagai pelayan di sebuah kedai teh dengan model gameplay ala game time management. Controller-nya merupakan sebuah Joy-Con yang disembunyikan di dalam teko berbahan kardus. Buka tutupnya untuk mengisi teh, lalu miringkan untuk menuang ke cangkir yang bakal dihidangkan ke konsumen.

Permainan ini bahkan memiliki mode multiplayer yang harus dimainkan oleh dua orang. Komunikasi verbal jelas sangat dibutuhkan, dan situasinya kurang lebih sama kacaunya seperti memainkan game Overcooked, meski tanpa grafis yang menarik.

Solar-Powered Cardboard Accordion di sisi lain sangat unik karena idenya yang begitu orisinil. Secara teknis akordion kardusnya di sini bukan ditenagai oleh sinar surya, melainkan hanya mendeteksi apakah ada cahaya yang masuk atau tidak.

Tutup lubang-lubang di salah satu sisinya itu, maka sejumlah nada akan dibunyikan. Di sisi satunya, ada tiga tombol di layar Switch untuk menaik-turunkan oktaf. Terakhir, lipatan-lipatan kertas yang membentuk bodi akordion bisa dipanjang-pendekkan untuk menaik-turunkan volume.

Kedua proyek ini sama-sama dibuat menggunakan Toy-Con Garage, dan siapapun sebenarnya juga bisa menciptakan permainan yang sama hanya dengan bermodalkan sejumlah ketekunan. Pun begitu, mereka yang berhasil memenangkan kontes ini dengan ide-ide orisinilnya pantas menerima hadiah eksklusif yang super-unik berupa Nintendo Switch bertema kardus.

Sumber: The Verge.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id