8 March 2019

by Glenn Kaonang

Nintendo Luncurkan Labo VR Kit untuk Console Switch

Enam Toy-Con baru untuk menikmati serunya game VR menggunakan Switch

Dua tahun lalu, beredar rumor kalau Nintendo punya rencana untuk bermain di segmen virtual reality (VR). Kabar tersebut akhirnya terwujud, meski hasil akhirnya tidak seperti yang orang-orang bayangkan.

Perusahaan yang kini menjadi satu-satunya penyedia handheld console itu baru saja mengumumkan Nintendo Labo VR Kit. Ya, siapa yang menyangka Nintendo bakal membubuhkan fitur VR berbekal kardus?

Seperti yang kita tahu, Nintendo Labo pada dasarnya merupakan kumpulan peripheral (Toy-Con berbahan kardus yang hackable dan mudah dimodifikasi. Sebelum ini, sudah ada tiga koleksi Labo yang Nintendo rilis: Variety Kit, Robot Kit, dan Vehicle Kit.

Untuk VR Kit ini, paket lengkapnya mencakup bahan-bahan yang dibutuhkan untuk merakit enam Toy-Con baru: Toy-Con VR Goggles, Toy-Con Blaster, Toy-Con Camera, Toy-Con Bird, Toy-Con Wind Pedal, dan Toy-Con Elephant. Di samping itu, juga ada dua pelengkap, yaitu screen holder dan safety cap.

Bundel ini tentunya juga datang bersama software Labo yang mengemas petunjuk perakitan, lengkap beserta sejumlah game untuk menikmati hasil kreasi pengguna. Untuk mulai bermain, pengguna hanya perlu menyelipkan console Switch ke dalam Toy-Con VR Goggles, lalu mendekatkannya ke mata.

Nintendo Labo VR Kit rencananya akan mulai dipasarkan pada 12 April mendatang. Di Amerika Serikat, harganya dipatok $80. Seumpama terlalu mahal, konsumen bisa memilih bundel Starter Set seharga $40 yang hanya mencakup Toy-Con VR Goggles dan Toy-Con Blaster.

Lalu seandainya mereka tertarik untuk mengeksplorasi lebih dalam lagi, Nintendo juga akan menyediakan dua macam Expansion Set – satu berisi Toy-Con Camera dan Toy-Con Elephant, satu lagi Toy-Con Bird dan Toy-Con Wind Pedal – yang masing-masing dihargai $20.

Sumber: Variety.