1. Lifestyle

Nintendo Mengenalkan Franchise Game Baru, Code Name S.T.E.A.M.

Judul yang diambil oleh Nintendo membuat saya harus membaca ulang beberapa kali. Code Name S.T.E.A.M. sama sekali tidak memiliki hubungan dengan layanan distribusi digital buatan Valve. Ia merupakan sebuah game baru besutan Nintendo, dengan IP yang benar-benar baru pula, diumumkan dalam event Electronic Entertainment Expo 2014.

Dengan begitu, pengumuman Code Name S.T.E.A.M. adalah satu dari beberapa momen langka yang pernah diambil Nintendo. Biasanya produsen console dan game ini mengenalkan permainan berbasis IP yang mereka miliki sebelumnya, dan S.T.E.A.M. disajikan dengan penyajian yang sangat unik.

Code Name S.T.E.A.M. ialah sebuah permainan role-playing berformula turn-based dengan elemen game action third-person. Nintendo sepertinya mencoba memadukan beberapa genre sekaligus. Jika hal tersebut belum menarik perhatian Anda, mungkin yang ini bisa: Anda akan bermain sebagai presiden Abraham Lincoln untuk melindungi bumi dari serangan alien. Judul game ini sendiri mengambil inspirasi dari karya fiksi horor klasik buatan H.P. Lovecraft.

 

Info menarik: Round-up Presentasi Nintendo Digital Event dari Electronic Entertainment Expo 2014

 

Abraham Lincoln mungkin merupakan presiden Amerika ke-16, tapi permainan Code Name S.T.E.A.M. sendiri malah disetting di London dalam versi sejarah alternatif kreasi Creative Director Paul Patrashcu dan Art Director Takako Sakai dari tim developer Intelligent Systems yang bekerjasama dengan Nintendo untuk merampungkannya.

Intellegent Systems telah adalah tim pengembang yang terkenal dengan seri Fire Emblem, Wars dan Paper Mario. Code Name S.T.E.A.M. memiliki sedikit kesamaan dengan game seperti XCOM dan Valkyria Chronicles, tapi untuk permainan ini, Intelligent Systems bermaksud untuk mengenalkan lebih banyak orang ke permainan strategi, dan membuat mereka menyukainya.

Bukankah jumlah gamer strategi sudah cukup banyak? Memang benar, namun permainan strategi 'serius' untuk console handheld masih bisa dihitung jari. Dan Code Name S.T.E.A.M. rencananya dirancang khusus untuk platform Nintendo 3DS. Walaupun tidak memiliki mode online, Code Name S.T.E.A.M. memiliki beberapa mode multiplayer dan salah satunya membutuhkan Anda untuk online - apakah itu artinya akan ada fitur leaderboards?

 

Info menarik: Platfrom Baru Nintendo Akan Ditujukan Untuk ‘Menyehatkan’ Gamer, Dirilis 2016?

 

Dengan begitu, kita bisa berasumsi game ini akan lebih bersahabat bagi gamer strategi casual. Sistem kontrol dan pergerakan karakter Code Name S.T.E.A.M. akan memanfaatkan stylus.

Game unik tersebut menggunakan pendekatan art direction a la komik Silver Age buatan komikus Amerika seperti Jack Kirby dan Bruce Timm (yaitu awal hingga pertengahan tahun 50-an) dengan mengambil tema steampunk. Sang Art Director, Takako Sakai, juga mengakui bahwa ia juga mengambil inspirasi dari karya-karya buatan penulis dan artis Mike Mignola - sang pencipta komik Hellboy.

Sebelum diumumkan di E3, trademark S.T.E.A.M. sudah Nintendo ajukan beberapa bulan lalu. Dan seperti banyak permainan anyar yang mereka pamerkan, Code Name S.T.E.A.M. baru akan dirilis untuk 3DS setelah tahun 2014 berakhir.

Via Destructoid & IGN. Gambar header: IGN.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again