Nintendo Tunjuk Bandai Namco Untuk Garap Metroid Prime 4

Nintendo Menunjuk Bandai Namco Untuk Garap Metroid Prime 4

Berawal dari rumor, akhirnya Nintendo mengonfirmasi info ini di akhir minggu lalu.
Metroid Prime 4.
Metroid Prime 4.

Sebagai salah satu franchise tersukses miliknya, Nintendo telah merilis tidak kurang dari 13 permainan Metroid di hampir semua console mereka. Namun hingga saat ini, baru ada tiga game di seri Metroid Prime. Berbeda dari sebelum-sebelumnya, Prime merepresentasikan langkah sang publisher membawa seri ini ‘maju’ dan merangkul teknologi game tercanggih waktu itu.

Tidak terasa sudah satu dekade berlalu semenjak permainan terakhir di seri ini dilepas. Metroid Prime 3: Corruption mengusung arahan first-person shooter seperti pendahulunya, dirilis di Nintendo Wii, dan memperoleh dukungan sistem kendali berbasis motion. Tapi ketika fans mengira petualangan Samus Aran di Metroid Prime telah berakhir, Nintendo menyingkap eksistensi game keempatnya di E3 2017.

Metroid Prime 4 diumumkan lewat sebuah teaser singkat berisi logo permainan. Sayang, hampir tidak ada informasi mengenainya kecuali game akan dirilis untuk Switch. Sejumlah jurnalis sempat bertanya pada Nintendo soal siapa yang mengerjakan permainan ini, dan publisher hanya memberi keterangan bahwa Retro Studios, tim yang bertanggung jawab menangani game-game Prime terdahulu tak lagi berpartisipasi.

Minggu lalu, para fans mulai berdiskusi buat mencari tahu siapa developer yang diberi kesempatan untuk mengembangkan Metroid Prime 4. Rumor mulai bergelimpangan di forum Resetera berdasarkan kemunculan lowongan pekerjaan di LinkedIn, kemudian situs Press-Start juga melihat bagaimana tim Singapura Bandai Namco tidak malu-malu mengungkapkan rasa gembira mereka karena ditugaskan ‘buat mengerjakan satu proyek menarik’.

Dan tidak lama setelah kabar tersebut beredar, Nintendo akhirnya mengonfirmasi bahwa mereka memang menunjuk Bandai Namco buat menggarap Metroid Prime 4, namun faktanya sedikit berbeda dari rumor. Tim inti Bandai Namco Studios tengah mencurahkan perhatian mereka pada pengembangan Metroid Prime 4, sedangkan studio Singapura-nya akan fokus membuat game baru lain untuk Switch.

Kolaborasi antara Nintendo dan Bandai Namco sendiri bukanlah hal baru. Developer Jepang itu pernah membantu Nintendo menciptakan Super Smash Bros. di Wii U dan 3DS, serta spin-off Pokémon bertema fighting, Pokkén Tournament.

Belum diketahui kapan Tepatnya Metroid Prime 4 akan meluncur. Menurut saya, permainan akan jadi senjata ampuh Switch dalam berkompetisi dengan para rival jika dirilis di tahun ini. Memang ada cukup banyak game eksklusif Switch yang dijadwalkan untuk mendarat di 2018, tapi judul kuat seperti Metroid Prime tentu akan kembali mendorong penjualan console.

Via Eurogamer.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Game
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…