13 April 2017

by Yoga Wisesa

Nintendo Siap Berikan $ 20.000 Bagi Siapa Saja yang Berhasil Menemukan Kelemahan di Switch

Dua aspek yang jadi perhatian utama Nintendo ialah kelemahan pada sistem console dan aplikasi.

Lewat Switch, Nintendo mempunyai komitmen buat lebih menyeriusi layanan online, kini membawa mereka berkompetisi langsung dengan platform online console Microsoft dan Sony. Servis berbayar tersebut memungkinkan pemain mengakses lobby dan mode multiplayer online, menggunakan fungsi chat dan voice, serta menikmati fitur Virtual Console di waktu dekat.

Tentu aja dengan berkecimpung di ranah online, ancaman keamanan juga semakin tinggi. PlayStation Network dan Xbox Live beberapa kali menjadi bulan-bulanan para peretas, data pribadi user tak jarang jadi korbannya. Mau tak mau, Nintendo harus bersiap menghadapi kemungkinan terburuk. Sebagai langkah awal, di bulan Desember kemarin sang perusahaan hiburan Jepang itu mengundang komunitas hacking buat mencari kelemahan Nintendo 3DS.

Dan di minggu ini, program yang dilangsungkan di situs third-party HackerOne itu Nintendo perluas ke console hybrid anyar mereka. Seperti upaya buat memperkuat keamanan 3DS sebelumnya, Nintendo menawarkan uang hingga US$ 20 ribu bagi siapa saja yang berhasil mendeteksi celah keamanan di console Switch. Jumlah uangnya tergantung dari besar atau kecilnya tingkat kelemahan.

Dua aspek yang jadi perhatian utama Nintendo ialah kelemahan pada sistem console serta aplikasi. Selain itu, sang produsen juga berusaha untuk menghentikan aktivitas pembajakan dan kecurangan (lewat modifikasi data save ataupun modifikasi aplikasi permainan), upaya memasukkan konten yang tidak pantas buat anak-anak, serta percobaan akses data tanpa izin.

"Nintendo akan membayar uang bagi orang pertama yang melaporkan informasi kelemahan [di console] senilai US$ 100 sampai US$ 20 ribu. Hanya ada satu hadiah bagi satu laporan," tulis Nintendo di HackerOne. "Pihak Nintendo akan mempertimbangkan secara independen apakah informasi tersebut memenuhi syarat serta berapa jumlahnya. Nintendo juga tidak akan mengungkap metode perhitungan hadiah."

Nintendo meneruskan penjelasan mereka: "Komisi tidak diberikan jika kelemahan sudah diketahui Nintendo atau publik, serta pada individu yang masuk dalam daftar sanksi."

Sang produsen menyarankan Anda untuk turut menyediakan proof of concept ataupun exploit code. Namun jika belum tersedia, Nintendo tetap mengimbau Anda buat mengadukan secepatnya agar Anda tetap berkesempatan memperoleh hadiah. Data-datanya bisa dikirim menyusul dalam waktu tiga minggu. Langkah-langkah pengaduan serta persyaratan dapat Anda simak lengkap di situs HackerOne.

Kurang familier dengan HackerOne? Ia adalah platformbug bounty yang didirikan oleh nama-nama terkenal di industri teknologi dan internet - yaitu Facebook, Microsoft serta Google.