1. Lifestyle

Nintendo Umumkan Console Handheld Baru, Nintendo 2DS XL

Berbeda dari 2DS standar, desain New Nintendo 2DS XL lebih menyerupai 3DS.

Nintendo ialah satu dari sedikit perusahaan hiburan yang masih percaya diri pada konsep console portable di tengah gempuran perangkat bergerak. Belakangan, mereka harus beradaptasi menghadapi perubahan dengan turut melangkah ke ranah itu. Namun meski resmi bermain di segmengame mobile, tak berarti Nintendo berniat melepas dominasi mereka di handheld.

Setelah me-refresh 3DS kira-kira tiga tahun silam, kali ini giliran 2DS yang memperoleh upgrade. 2DS adalah versi entry-level dari 3DS, minus kemampuan 3D stereoscopic. Walaupun dipuji karena harganya lebih murah, 2DS mendapatkan banyak kritik, terutama terkait buruknya desain, kualitas suara, serta lemahnya daya tahan baterai. Mungkin hal ini memotivasi Nintendo buat meramu varian terbarunya, 2DS XL.

Di tanggal 27 April 2017 kemarin, Nintendo menyingkap agenda untuk meluncurkan versi lebih canggih dari 2DS: 2DS XL. Ia merupakan anggota ketiga keluarga sistem permainan handheld Nintendo, mengisi celah antara 2DS standar dan 3DS XL. Pelepasan Nintendo 2DS XL akan dibarengi bersama perilisan dua permainan blockbuster baru, yakni Hey! Pikmin and Miitopia.

"Tambahan baru di lineup hardware portable Nintendo menunjukkan komitmen kami di pasar handheld," tutur Reggie Fils-Aime selaku presiden Nintendo Amerika di rilis pers. "Nintendo 2DS XL menyajikan desain clamshell yang cantik serta menawarkan keseimbangan terbaik antara harga dan performa."

Berbeda dari 2DS dengan rancangannya yang buruk rupa, desain New Nintendo 2DS XL lebih menyerupai 3DS. Ia menyuguhkan dua layar di tiap komponen, tersambung via engsel, dengan bagian atas lebih besar dari bawah. Dibanding 2DS, panel di 2DS XL lebih luas 82 persen dan bobotnya juga lebih ringan.

Layout-nya juga hampir identik seperti varian 3D: D-pad, thumb stick dan tombol home berada di jangkauan jempol kiri; lalu action button beserta tombol start dan select ada di kanan. Nintendo juga membubuhkan dua pasang tombol di belakang buat mengendalikan kamera serta sebagai input tambahan.

2DS XL juga memperoleh upgrade komponen, kini jadi lebih bertenaga. Ia kompatibel ke Amiibo, caranya cukup dengan men-tap figure tersebut di layar bawah. Dan berbeda dari Switch, 2DS XL didukung fitur backward compatibility, yang berarti tetap bisa menjalankan permainan-permainan lawas.

Nintendo 2DS XL rencananya akan dirilis pada tanggal 28 Juli nanti di kawasan Amerika Serikat. Produk dijajakan seharga US$ 150.

Via Nintendo Wire. Sumber: Nintendo.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again