Categories

Game

Nissan Berikan Kesempatan Bagi Gamer Buat Jadi Pembalap Pro Lewat GT Academy 2016

Sejak dimulai, terhitung sudah ada sekitar 6.500 peserta berpartisipasi di penyisihan GT Academy 2016.

Yoga Wisesa - 28 July 2016

Dimulai di tahun 2008, GT Academy ialah program kolaboratif antara Nissan, Sony PlayStation dan tim Polyphony Digital pimpinan Kazunori Yamauchi untuk menyediakan jalan alternatif berkarier di dunia balap mobil. Melalui ajang ‘virtual to reality‘ ini, para gamer Gran Tursimo berkesempatan buat menjadi pembalap profesional.

Di Indonesia, ajang Nissan GT Academy 2016 telah dibuka sejak tanggal 19 Juli 2016 silam, dilaksanakan di Mall Kelapa Gading. Hingga pertengahan Agustus nanti, proses seleksi akan terus dilakukan di beberapa kota besar untuk mencari talenta balap baru. Event kedua diadakan tanggal 27 Juli kemarin di Mall Taman Anggrek, dimaksudkan buat memberi oportunitas tersebut lebih leluasa pada para jurnalis.

Nissan GT Academy 2016 9

Sejak acara dimulai, terhitung kurang lebih ada 6.500 peserta berpartisipasi di penyisihan GT Academy 2016. Angka ini terbilang cukup besar, berpeluang menyusul jumlah tahun lalu yang berhasil menyentuh 15.000 kontenstan. Melihat dari antusiasme event sebelumnya, Nissan bermaksud merangkul lebih banyak gamer. Jadi selain di Jakarta, roadshow digelar di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Nissan GT Academy 2016 3

Perlu Anda ketahui, karena kualifikasi dibuka secara umum, persaingan memang sangat ketat. Nissan memilih sirkuit Tokyo Expressway sebagai arena pacu di mana Anda berkendara dalam versi digital mobil sport Nissan GT-R. Peserta diberi waktu selama lima menit untuk mencetak waktu lap paling singat. Di acara khusus media ini, rekor tercepat adalah 1 menit 23 detik, masih cukup jauh dari catatan waktu terbaik sementara: 1 menit 15,963 detik.

Nissan GT Academy 2016 2

Balapan virtual itu dilakukan dari dalam pod yang didesain khusus agar menyerupai interior mobil. Meski tidak menggunakan kursi kelas simulator, periferal steering wheel PlayStation dengan force-feedback dan paddlegearstick dipadu sepasang pedal gas/rem boleh dibilang cukup untuk menyuguhkan sensasi ala balap mobil sungguhan. Anda dihidangkan versi pra-rilis permainan Gran Turismo Sport, tentu saja dijalankan di console Sony PlayStation 4.

Nissan GT Academy 2016 5

Diumumkan di Paris Games Week 2015, Grand Turismo Sport rencananya akan tersedia secara eksklusif di PS4 tanggal 15 November nanti – sebagai permainan ketiga belas di seri Gran Turismo. Game kabarnya menyajikan tiga mode, yaitu Campaign, Sports dan Arcade, didukung fitur pertandingan online serta offline. Ada sejumlah perubahan yang Polyphony Digital terapkan pada GT Sport dibanding judul-judul sebelumnya: ia tidak mempunyai sistem perputaran siang dan malam serta cuaca dinamis.

Nissan GT Academy 2016 7

Walaupun begitu, developer berjanji akan membekali permainan dengan lebih banyak konten, dan pemain dapat mengustomisasi waktu pertandingan sebelum mulai balapan. Lalu Gran Turismo Sports turut didesain agar kompatibel ke headset PlayStation VR.

Nissan GT Academy 2016 4

Lalu apakah GT Academy 2016 lebih cocok diikuti oleh mereka yang gemar memacu mobil di kecepatan tinggi atau penggemar game racing saja? Tidak juga. Kemampuan mengemudi Anda memang membantu, tapi dari pengalaman saya menjajal Gran Turismo Sports, siapapun tidak akan kesulitan menikmatnya karena setting permainan lebih cenderung ke arah arcade ketimbang simulasi: efek kerusakan mesin dimatikan, lalu mobil tetap berjalan normal setelah menabrak pembatas jalan.

Nissan GT Academy 2016 6

Ada empat tahapan dalam GT Academy. Babak kualifikasi akan menyaring 20 pemain terbaik, yang selanjutnya dibawa ke proses ‘karantina’ di sirkuit Sentul. Sesi ini dipandu oleh brand ambassador sekaligus pembalap wanita Indonesia berprestasi, Diandra Gautama. Di sana mereka diuji mengendarai mobil Nissan, menjalani tes kepribadian, kesehatan fisik, dan lain-lain.

Nissan GT Academy 2016 8

Dari 20 orang itu, Nissan akan memilih enam pembalap terbaik untuk diterbangkan ke sirkuit Silverstone Inggris dan mengikuti International Race Camp, berisi kompetitor dari tujuh negara lain.

Menurut general manager marketing strategy NMI Budi Nur Mukmin, penggunaan Gran Turismo Sports di kualifikasi memastikannya proses penyaringan menjadi lebih adil buat peserta. Lewat cara itu, gamer hanya bisa mencoba permainan di lokasi acara karena permainan belum diluncurkan. Budi juga berpendapat, GT Academy merupakan sebuah ‘demokratisasi dunia pembalap’ melalui video game, karena sejauh ini, ranah tersebut cuma dapat dinikmati oleh individu-individu bermodal besar atau para keturunan racer.

Di bawah ini adalah jadwal dan lokasi pelaksanaan babak penyisihan:

Jakarta

  • Mall Taman Anggrek: 26 – 31 Juli 2016
  • Gaikindo Indonesia International Auto Show: 11 – 21 Agustus

Bandung

  • Bandung Indah Plaza: 26 – 31 Juli 2016

Yogyakarta

  • Ambarukmo Plaza: 3 – 7 Agustus 2016

Surabaya

  • Tunjungan Plaza: 10 – 14 Agustus 2016

Cara berpartisipasinya mudah: Anda cukup melakukan registrasi dengan menunjukkan kartu identitas, kemudian menukarkan nomor antrian untuk bermain di pod buat mencari catatan waktu terbaik. Anda boleh bermain lebih dari satu kali dengan jeda waktu minimal satu jam.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter