16 February 2016

by Glenn Kaonang

Nissan Pamerkan Kursi Kantor yang Bisa Parkir Sendiri ke Meja

Merupakan bentuk promosi sistem parkir otomatis yang dimiliki mobil-mobil besutannya

Ada mobil yang bisa parkir sendiri, ada juga kursi kantor yang bisa parkir sendiri. Itulah yang sedang dipamerkan oleh Nissan. Ya, pabrikan otomotif asal Jepang tersebut tidak guyonan, mereka benar-benar punya kursi kantor yang dapat parkir sendiri, bergerak kembali menuju mejanya secara otomatis.

Didapuk Intelligent Parking Chair, kursi ini sebenarnya merupakan hasil modifikasi dari kursi kantor standar buatan pabrikan Okamura. Berkat kecerdasan – dan keisengan – tim Nissan, kursi tersebut dapat berputar-putar 360 derajat, lalu bergerak mengarah pada titik dimana ia berada sebelumnya.

Rahasianya ada pada empat kamera khusus yang ditempatkan di ujung-ujung ruangan. Kamera-kamera ini akan mendeteksi posisi dari masing-masing kursi, lalu ketika mendengar seseorang menepukkan tangannya, mereka akan menginstruksikan kursi-kursi tersebut untuk kembali ke posisi asalnya lewat koneksi Wi-Fi.

Meski bisa dipastikan ada banyak konsumen yang amat tertarik untuk meminangnya, Nissan tampaknya tidak berencana untuk menjual 'kursi sihir' ini. Ini hanyalah semata cara Nissan untuk mempromosikan sistem parkir otomatis bertajuk Intelligent Parking Assist yang dimiliki mobil-mobil besutannya.

Terlepas dari itu, apa yang dilakukan Nissan ini tetap patut mendapatkan apresiasi. Pasalnya, mereka benar-benar membuat kursi-kursi tersebut dan mempraktekkan kegunaannya dalam konteks sehari-hari – baik di ruang kantor atau ruang kelas – seperti yang bisa Anda lihat pada video di bawah ini.