Saya masih ingat bagaimana No Man’s Sky mencuri perhatian dengan janji-janji manisnya: permainan action-adventure ini diklaim menyimpan 18 quintillion planet, masing-masing memiliki ekosistem, flora serta fauna berbeda. Namun walaupun pencapaian teknis tim Hello Games mendapatkan pujian, ada banyak konten yang ternyata tidak ada pada saat No Man’s Sky dirilis.

Satu bagian yang absen di sana adalah multiplayer. Sutradara sekaligus co-founder Hello Games Sean Murray sempat bilang bahwa versi awal No Man’s Sky sudah didukung multiplayer. Namun ketika dua pemain versi PlayStation 4 memutuskan buat bertemu di satu lokasi di sebuah planet, mereka tidak bisa saling melihat. Sangat mengecewakan. Tapi dua tahun setelah peluncurannya, Hello Games mengungkap agenda untuk menebus kesalahan tersebut.

Dalam talkshow Inside Xbox di YouTube, Sean Murray mengabarkan rencana untuk meluncurkan permainan di Xbox One sembari melepas update raksasa bertajuk Next setelah melangsungkan sesi tes selama enam bulan. Salah satu tambahan terbesar di pembaruan adalah mode multiplayer sejati.

Di website-nya, Hello Games menjelaskan bahwa nanti Anda bisa melakukan penjelajahan bersama teman-teman, bahkan berkesempatan untuk bertemu dengan pemain lain. Anda dapat saling membantu bertahan hidup, atau malah mencoba memangsa petualang lain sebagai perompak. Lalu tempat perlindungan atau bangunan yang sudah Anda dirikan bisa dikunjungi sesama lain.

Murray menjelaskan bahwa inilah visi sesungguhnya Hello Games terhadap No Man’s Sky. Jalan menuju ke sana memang tidak mudah, namun akhirnya tercapai berkat kerja keras tim dan dorongan penuh dari komunitas. Update besar tersebut merupakan langkah penting bagi tim developer, tapi meski begitu, Hello Games berjanji buat terus mendukung game hingga masa yang akan datang.

Update Next akan meluncur di PC dan PlayStation 4 bersamaan dengan perilisan No Man’s Sky di Xbox One pada tanggal 24 Juni 2018. Versi Xbox One-nya juga sudah dibekali oleh tiga pembaruan besar terdahulu – yaitu Foundation, Pathfinder, serta Atlas Rises. Edisi fisik game itu akan didistribusikan oleh 505 Games.

Kabar ini memang sangat menggembirakan, terutama bagi mereka yang melihat pontensi No Man’s Sky tapi sempat kecewa pada konten permainan. Selain multiplayer, saya pribadi berharap agar Hello Games juga memberikan polesan pada aspek grafis permainan, mengingat No Man’s Sky sebentar lagi akan menginjak usia dua tahun.

Hello Games belum mengungkap secara spesifik seberapa besar update Next, tetapi eksistensi edisi fisik Xbox One-nya mengindikasikan bahwa ukuran add-on tidak sedikit, mungkin bisa mencapai puluhan gigabyte.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.