Categories

Game

No Man's Sky Diperiksa Badan Standardisasi Periklanan Terkait Promosi yang Menyesatkan

Penyelidikan masih berlangsung dan pihak ASA belum mau memberikan komentar.

Yoga Wisesa - 30 September 2016

Masih ada rasa pahit tersisa bagi gamer dan mereka yang me-pre-order No Man's Sky. Berkat teknologi procedural generation, memang benar game ini menyajikan 18 quintillion planet, namun faktanya konten cukup jauh dari harapan para pemain. Ternyata keluhan dan ketidakpuasan gamer jadi berbuntut panjang buat tim penciptanya, studio independen Hello Games.

Dilaporkan oleh Eurogamer, Advertising Standards Authority kabarnya sedang melangsungkan investigasi terhadap No Man's Sky karena aduan seorang pemain. ASA adalah organisasi otoritas periklanan, dan meskipun bukan badan pemerintah Inggris, mereka diberi kepercayaan oleh pelaku industri untuk mengatur konten iklan dan promosi, serta menjalankan pemeriksaan jika ada komplain - dengan pendanaan berbasis retribusi. ASA mempunyai wewenang menjatuhkan sanksi serta meminta layanan search internet buat menghapus iklan.

Saat ini penyelidikan masih berlangsung dan pihak ASA belum mau memberikan komentar. Dari penjabaran di Reddit, tampaknya banyak aset promosi No Man's Sky yang menyesatkan konsumen, menampilkan hal-hal yang tidak ada. Subjek pemeriksaan ASA ternyata bukan cuma Hello Games, Valve sebagai pemilik layanan distribusi digital Steam juga kena getahnya.

Pengaduan pada Advertising Standards Authority dilakukan oleh pengguna Reddit ber-username AzzerUK. Lewat Eurogamer, AzzerUK menjelaskan bahwa ia sebetulnya sama sekali tidak marah pada Hello Games, namun terpanggil buat melaporkan info ini pada ASA karena perbedaan besar antara trailer serta material promosi dengan game sesungguhnya. AzzerUK juga berharap, langkah tersebut bisa mendorong Valve buat lebih mengawasi servis mereka.

Tiga hal jadi fokus utama: screenshot, video trailer dan kendala teknis. Di screenshot, Hello Games memamerkan makhluk-makhluk raksasa mirip dinosaurus, formasi pesawat terbang dan sentinel, serta memperlihatkan bangunan dan struktur unik. Daftar keluhan buat trailer lebih panjang lagi, meliputi desain UI, cara terbang pesawat (di dalam formasi disertai wingman, terbang rendah dekat permukaan planet, karakteristik hewan (dalam kawanan, dan ada yang bisa menghancurkan pepohonan), pertempuran ruang angkasa berskala besar, sampai penyajian sistem warp.

Tak hanya itu, terdapat pula komplain soal kualitas grafis, dan janji developer untuk meminimalisir loading, menyuguhkan iring-iringan kapal kargo di luar angkasa, hingga faksi-faksi berbeda yang saling memperebutkan teritori.

Tindakan AzzerUK mendapatkan bermacam-macam respons dari sesama user Reddit. Ada yang marah, khawatir hal tersebut akan menghambat update buat membenahi No Man's Sky, dan ada pula yang penasaran buat apa AzzerUK repot-repot melakukannya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter