Nokia 105 dan Nokia 130 Datang Kembali dengan Wajah Baru

Selain desain, ada sedikit peningkatan dari sisi komponen layar dan fitur

Ketika HMD Global mendeklarasikan diri bakal menjadi pihak yang merakit ponsel-ponsel berbendera Nokia, banyak orang merasa optimis brand legendaris itu akan kembali menempati tempat yang layak baginya. Hal ini berlaku tak hanya untuk segmen smartphone tapi juga feature phone.

Terbukti, tak hanya fokus menggarap Nokia 6 dan kawan-kawan, HMD Global juga merilis kembali dua seri ponsel feature Nokia, 105 dan 130 tetapi dengan pendekatan yang lebih modern, di antaranya tampang baru dan juga sejumlah fitur tambahan yang tidak dijumpai di pendahulunya ketika masih berada di bawah naungan Microsoft.

Nokia 105

Di Nokia 105, ada peningkatan pada komponen layar di mana kini ponsel menawarkan penampang selebar 1,8 inci dari dua generasi sebelumnya yang hanya 1,45 inci dan 1,4 inci. Jeroan perangkat dihuni oleh RAM 4MB dan memori seluas 4MB untuk menyimpan musik atau berkas-berkas ringkas lain, serta dukungan baterai sebesar 800 mAh.

Ponsel murah dengan dukungan FM Radio ini juga sudah dilengkapi usb micro 2.0, kemudian sistem operasi Nokia Series 30+ yang dilengkapi dengan game Snake Xenzia. Menurut HMD Global, Nokia 105 terbaru akan tersedia dalam dua pilihan, single dan dual SIM, masing-masing denganbanderol $14,50 dan $15.

Nokia 130

Ponsel feature kedua yang juga dirilis adalah Nokia 130, varian remake dari model yang debut sekitar tiga tahun lalu. Sayangnya selain tampilan, tak banyak peningkatan yang bisa dijumpai di ponsel yang dibalut warna Black, Gray, dan Red ini.

Tampak luar, Nokia 130 mempunyai komponen layar 1,8 inci dengan resolusi 128 x 160 piksel. Sementara di bagian dalam terpasang RAM 4MB dan memori 8MB untuk media penyimpanan. Dilengkapi juga dengan radio dan audio jack, ponsel menawarkan 44 jam di mode aktif dengan radio dalam kondisi hidup menggunakan headset dan masa pakai 30 hari dalam modus stand by. Tambahan micro USB 2.0 akan mempermudah koneksi perangkat dengan PC atau powerbank.

Seperti Nokia 105, varian baru Nokia 130 juga mengadopsi sistem operasi Nokia Series 30+ sebagai sistem utamanya. Pembeli nantinya bakal memperoleh 5 game dari Gameloft, termasuk game legendaris Snake Xenzia. Nokia 130 tersedia dalam balutan warna Black, Gray, dan Red dengan banderol $21.50.

Sumber berita Nokia 1|2