5 January 2018

by Bambang Winarso

Belum Diresmikan, Nokia 6 (2018) Sudah Eksis di Situs Retail

Nokia 6 (2018) masih mewarisi desain pendahulunya

Alih-alih menggunakan penamaan yang kompleks, HMD Global sepertinya menempuh cara paling sederhana dengan hanya menambahkan tahun keluaran sebagai nama belakang untuk setiap model smartphone yang dilahirkan. Di tahun 2018 ini misalnya, pabrikan asal Finlandia itu berencana meluncurkan generasi baru Nokia 6 yang diberi nama Nokia 6 (2018).

Menurut rumor terdahulu, HMD Global bakal meresmikan iterasi terbaru Nokia 6 pada tanggal 5 Januari waktu Tiongkok. Tapi, secara mengejutkan perangkat bersangkutan disebut sudah lebih dulu mejeng di salah satu situs retail Tiongkok yang memperlihatkan wujud aslinya. Tapi sampai secara resmi diumumkan, penampakan ini masih dipertanyakan.

Berdasarkan apa yang ditampilkan di situs tersebut, Nokia 6 (2018) masih mewarisi desain pendahulunya dengan material dan sentuhan desain yang sama namun dengan pilihan komponen yang disebut sedikit lebih baik. Cukup mengecewakan karena HMD Global tampaknya belum tertarik mengadopsi desain layar penuh, sedangkan di luar sana bahkan sudah ada ponsel seharga $155 yang menawarkan fitur tersebut. Tentu kita berharap perangkat aslinya nanti punya sesuatu yang dibanggakan.

Aspek rasio Nokia 6 (2018) disebut masih 16:9 dengan penampang layar seluas 5,5 inci beresolusi full HD. Jeroannya dihuni chipset Snapdragon 630 yang ditemani oleh RAM seluas 4GB dan pilihan memori antara 32GB atau 64GB. Kamera belakang Nokia 6 (2018) juga tampak masih sendirian tanpa sensor pendamping kecuali sensor sidik jari dan LED flash. Sedangkan kamera depan menggunakan sensor 8MP dengan aperture F/2.0 yang untunya HMD Global melengkapi kameranya dengan teknologi OZO Sorround, Boothie dan dual vision untuk merekam video.

Smartphone berbekal Andorid 7.1.1 Nougat dan tersedia dalam warna hitam dan putih ini menawarkan penopang daya berkapasitas 3.000mAh dan dipastikan bakal memperoleh pembaruan Android 8.0 Oreo setelah pengujian betanya tuntas.

Pada akhirnya, semua ini barulah sebatas rumor. Ada beberapa bagian yang terasa kurang pas mengingat ini adalah iterasi terbaru. Tapi, bukan tak mungkin HMD Global punya sesuatu yang lain yang lebih penting untuk Anda miliki.

Sumber berita NokiaPowerUser.