Categories

Gadget

Diresmikan di London, Nokia 7.1 Adopsi Teknologi PureDisplay dan Optik ZEISS

PureDisplay menawarkan pengalaman visual terbaik di dalam dan luar ruangan

Bambang Winarso - 5 October 2018

Bertempat di London, HMD Global akhirnya resmi meluncurkan perangkat baru lainnya di bawah jajaran smartphone program Android One dalam wujud Nokia 7.1. Sesuai dengan namanya, Nokia 7.1 baru ini masih berpijak pada pondasi yang ditinggalkan pendahulunya, Nokia 7 dan Nokia 7 Plus.

Dalam debutnya, Nokia 7.1 mencoba tetap berada dalam tren, misalnya mengemas layar Full HD + 5,84 inci dan menghadirkan notch di bagian atas perangkat. HMD Global juga menyertakan dagu di bagian bawah layar yang menjadi rumah bagi logo Nokia. Yang membedakan, Nokia 7.1 Plus kini mengemas teknologi PureDisplay yang menawarkan peningkatan kontras dan dukungan HDR10.

Sektor dapur pacu Nokia 7.1 berada di tier menengah dengan mengadopsi chipset Snapdragon 636 yang memiliki kecepatan 1.8GHz bersama dua opsi RAM, 3GB dan 4GB serta penyimpanan internal 32GB dan 64GB. Kedua varian sama-sama mendukung tambahan memori eksternal sampai dengan 400GB.

Di dalam notch, tertanam kamera depan 8MP dengan bukaan f / 2.0 untuk semua kebutuhan selfie. Sedangkan di bagian belakang duduk kamera ganda dengan sensor 12MP dan 5MP yang menghadirkan optik ZEISS. Sensor 12MP utama menawarkan 1,28 Um piksel, aperture f / 1.8, dan Electronic Image Stabilization, sedangkan sensor kedua memiliki aperture f / 2.4.

Tak mau tampil seadanya, apalagi membawa nama besar ZEISS, HMD juga sudah menyertakan beberapa fitur perangkat lunak terkemuka untuk membantu pengguna memanfaatkan kamera Nokia 7.1. Misalnya modus Pro Camera Mode yang mampu memberi kendali atas fitur seperti white balance, ISO, aperture, dan shutter speed. Kemudian ada juga fitur yang memungkinkan pemilik Nokia 7.1 mengambil foto dan video dengan kamera depan dan belakang.

Desain cover bagian belakang di Nokia 7.1 menawarkan komponen sempurna berupa kaca dengan bingkai aluminium seri 6000 dengan chamfers potongan berlian. Sebagai finishing, HMD Global memolesnya dengan pilihan warna yang kontras, Gloss Midnight Blue dan Gloss Steel. Di bagian paling bawah ada juga tambahan port USB Tipe-C untuk mengisi baterai 3060 mAh yang dibawa, serta  jack headphone 3.5mm.

Di sisi perangkat lunak, Nokia 7.1 masih menggunakan sistem operasi Android Oreo stock. Tetapi karena itu tergabung dalam program Android One, maka Nokia 7.1 dipastikan bakal memperoleh dukungan patch keamanan setiap bulan selama tiga tahun dan pembaruan OS selama dua tahun ke depan. Dengan demikian, dukungan untuk Android 9.0 Pie sudah jelas segera tiba.

https://www.youtube.com/watch?v=BDRS_-VQlWY

Nokia 7.1 akan tersedia di pasar Eropa mulai Oktober dengan harga €319 untuk 3GB/32GB dan €349 untuk model 4GB/64GB. Di Amerika Serikat, yang tiba adalah varian 4GB RAM dengan penyimpanan 64GB. Pre-ordernya akan dimulai di Amazon, Best Buy, dan B & H mulai tanggal 5 Oktober dengan banderol $349 dan akan diluncurkan pada tanggal 28 Oktober.

Sumber berita HMDGlobal dan Nokia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter