Hari ini HMD Global mengumumkan Nokia 8, smartphone flagship dual camera yang diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 835 dengan harga yang sangat kompetitif yakni Rp6.499.000.

Nokia 8 menjadi ponsel cerdas Nokia kelima yang masuk Indonesia. Sebelumnya, HMD Global sudah memboyong Nokia 3, Nokia 5, Nokia 6, dan Nokia 2. Serta menjadi smartphone bertenaga Snapdragon 835 kedua di tanah air setelah LG V30. Lalu, hal yang menarik apa yang diusung Nokia 8?

1. Kamera Ganda dengan Lensa Calr Zeiss

Nokia-8-Indonesia-1

Dirancang untuk menjawab kebutuhan para pembuat konten, Nokia 8 dilengkapi kamera belakang ganda dan kamera depan dengan lensa besutan Carl Zeiss. Satu lensa RGB 13-megapiksel dengan kemampuan OIS, satu lagi lensa monokrom 13-megapixel.

Keduanya punya bukaan f/2.0 dan ukuran piksel 1.12 µm, ditunjang pula dual LED flash, serta phase detection, dan laser autofocus. Sementara, kamera depannya mengandalkan satu buah kamera 13-megapixel (f/2.0, 1.12 µm, PDAF).

Selain memiliki kemampuan untuk memotret foto dengan efek bokeh, Nokia 8 juga menyajikan fitur baru yang tak kalah menarik yaitu dual-sight atau bothie yang secara bersamaan memanfaatkan kamera depan dan belakang untuk menghadirkan dua tampilan dalam satu layar, baik untuk foto dan video.

Fitur ini diharapkan mampu memberi pengalaman yang lebih mendalam bagi mereka yang suka berkreasi dan berbagi kenangan spesial. Pengguna bisa melakukan live streaming di Facebook dan YouTube.

2. ‎ Nokia Ozo Audio

Nokia-8-Indonesia-2

Dengan Ozo audio, Nokia 8 menggabungkan tiga mikrofon dengan algoritma akustik eksklusif dari Nokia untuk menangkap audio dengan suara surround spasial 360 derajat yang mendalam. Fitur ini juga bisa digunakan untuk merekam video resolusi 4K dengan kualitas audio yang lebih baik.

3. Body Compact dengan Desain Premium

Bagi Anda yang merasa repot dengan ukuran smartphone yang cenderung besar, tapi tak mau kompromi soal performa, Nokia 8 layak dipertimbangkan.

Hadir dengan layar IPS 5,3 inci resolusi QHD 2560×1440 piksel dan dimensi 151.5×73.7×7.9 mm, ukuran Nokia 8 tidak begitu besar sehingga nyaman digenggam. Sayangnya, Nokia 8 masih mengadopsi rasio layar 16:9, belum menggunakan rasio layar 18:9.

Desain Nokia 8 simple dan natural, body-nya tersusun atas kaca corning gorilla glass 5 pada bagian muka dan dibalut aluminium seri 6000. Khusus untuk warna polished blue, dilengkapi dengan finishing kaca. Sertifikasi IP54 juga membuatnya tahan percikan air.

Di bawah layar masih ditemukan tiga tombol navigasi, back, home, dan task switcher. Nokia 8 diamankan dengan otentikasi sidik jari biometrik yang terletak di tombol home.

Jack audio 3.5mm bertengger di sisi atas, sedangkan port USB type-c, speaker, dan mikrofon bercokol di bawah. Kemudian, tombol power dan volume terletak di sisi kanan agar, dan sim tray di sisi kiri.

4. Hardware dan Software

Nokia 8 menjalankan Android pure alias murni versi Android 7.1.1 Nougat yang nanti bisa di-upgrade ke Android 8.0 Oreo. Dengan update keamanan bulanan, Nokia 8 aman dan up-to-date.

Bagian inti ditangani chipset Snapdragon 835, sebagai informasi seri ini masih merupakan SoC terkuat dari Qualcomm, mengingat Snapdragon 845 yang terbaru belum beredar di pasaran. Performanya ditopang RAM 4GB, penyimpanan 64GB yang bisa diperluas melalui slot microSD, dan baterai 3.090 mAh.

5. Harga yang Sangat Kompetitif

Nokia-8-Indonesia-8

Nokia 8 hadir dalam dua pilihan warna, polished blue dan steel yang akan mulai tersedia secara luas pada tanggal 1 Maret 2018 dengan harga Rp 6.499.000 melalui jaringan distribusi PT. Teletama Artha Mandiri dan PT. Sentra Prima Distribusi.

Namun ada penawaran khusus yang disediakan melalui kanal pembelian online di Lazada. Melalui sistem flash sale, Nokia 8 dijual seharga Rp5.999.000 untuk 200 pelanggan pertama pada 15 Februari 2018 pukul 11.00.

Bagaimana, tertarik dengan Nokia 8? Untuk saat ini, ia adalah smartphone Nokia yang  paling bertenaga. Chipset Snapdragon 835 tentu masih sangat powerful untuk tahun 2018.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.