7 November 2018

by Bambang Winarso

Nokia 9 PureView Disebut Bakal Diresmikan Lebih Cepat

Kabar terbaru ini juga dibarengi dengan bocoran render 3D yang terlihat meyakinkan

Nokia santer dikabarkan sedang mempersiapkan smartphone flagship bernama Nokia 9 PureView, imbuhan baru yang ditengarai merupakan label dari teknologi yang dulu sempat menjadi ikon di seri Lumia. Sempat dikabarkan mundur di bulan Februari 2019, namun kabar baik datang di mana HMD Global berencana meluncurkan punggawa barunya itu lebih cepat dari perkiraan, yakni di bulan Januari 2019.

Dengan demikian, jika rumor ini benar maka Nokia 9 PureView kemungkinan besar akan lebih dulu lempar pesona sebelum pameran teknologi Mobile World Congress (MWC) yang diadakan setiap tahun pada bulan Februari.

Pemberitaan bertubi-tubi sebagai antisipasi kedatangan perangkat rupanya berhasil menarik perhatian HMD. Menurut sumber terkait, media telah berhasil mempengaruhi para petinggi di HMD Global, sehingga kemudian memutuskan untuk meluncurkan jagoan flagship-nya lebih cepat dari yang diberitakan. Sayang kabar baik ini disertai dengan informasi yang akan diusung oleh Nokia 9 PureView.

Secara bersamaan, dari sumber lain muncul gambar render 3D yang diduga kuat adalah desain dari Nokia 9 PureView, menampilkan pengaturan kamera penta-lens yang luar biasa. Konfigurasi lima lensa ini didukung oleh flash LED berukuran besar dan modul laser fokus.

Disebutkan boleh soal spesifikasi lainnya, seperti layar 5,99 inci yang akan membawa dukungan resolusi Quad HD + dan aspek rasio 18: 9. HMD Global juga mulai mengikuti tren flagship dengan membawa dukungan sensor pemindai sidik jari di layar seperti flagship lainnya. Chipset Snapdragon 845 diyakini kuat akan jadi nahkoda jeroan Nokia 9 PureView bersama RAM 6 GB atau 8 GB RAM. Smartphone ini juga dikabarkan akan membawa dukungan pengisian nirkabel dan Android 9.0 Pie.

Sumber berita PhoneArena dan Slashgear.