Categories

Gadget

Jika Terwujud, Nokia 9 PureView Bisa Jadi Smartphone Pertama Dengan Lima Buah Kamera

Sejumlah render memperlihatkan konfigurasi dan layout penta kamera di Nokia 9 PureView

Bambang Winarso - 2 January 2019

Ketika pasar menilai resolusi tak semata-mata menentukan kualitas kamera, dan justru jumlah diyakini akan membuat perbedaan. Maka, tak heran jika pabrikan menjawab dengan smartphone yang mengemas tiga bahkan empat kamera seperti di Samsung Galaxy A9. Tapi Nokia, sepertinya akan memecahkan rekor yang dicatatkan oleh Samsung, di mana HMD Global disebut sudah dalam tahap akhir untuk merealisasikan Nokia 9 PureView yang melakukan gebrakan berani dengan mengadopsi bukan empat tapi lima buah kamera.

Kabar ini bukan sekadar rumor murahan, karena dibeberkan oleh Evan Blass (@evleaks) yang terkenal akurat dalam memberikan bocoran-bocoran smartphone terbaru dan fitur-fiturnya. Gambar tersebut menunjukkan pengaturan lensa Penta yang diatur dalam layout berbentuk segi enam (formasi 3-1-3) dengan lampu kilat LED dan teknologi laser.

render Nokia 9 pureview

Selain itu, di panel belakang itu terlihat juga logo Zeiss yang sudah sering kita dapati di banyak smartphone berlogo Nokia. Nokia 9 PureView juga tampaknya memiliki branding Android One di belakang. Bukan kejutan besar, mengingat sebagian besar smartphone Nokia lebih memilih interface stock Android.

Bagian penting lainnya, bahwa Nokia 9 PureView diyakini dibalut layar OLED Quad HD 3D dengan penampang selebar 5,9 inci. Dengan labelnya sebagai perangkat flagship, tak heran jika Nokia 9 PureView akan ditenagai oleh Snapdragon 845 yang dipadukan dengan RAM sebesar 8GB dan memori 128GB. Menyempurnakan kelasnya, Nokia OZO Audio diyakini juga akan hadir di dalam perangkat bersama baterai 4150mAh dan sertifikati IP68 yang menandakan ketahanannya terhadap air.

Jika rumor ini menjadi kenyataan, maka Nokia 9 PureView akan jadi yang pertama yang dicatat dalam sejarah industri mobile. Didukung oleh optik Carl Zeiss, smartphone ini juga akan menjadi pesaing ideal untuk Pixel, iPhone Xs Max, dan Samsung Galaxy Note 9.

Apabila semua berjalan sesuai rencana, kita segera bisa melihat smartphone dengan lima kamera Nokia 9 PureView di ajang MWC bulan Februari mendatang.

Sumber berita Theverge dan IndianExpress.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id