1. Lifestyle

Nokia Akan Jadi Milik Microsoft

Berita menghebohkan baru saja tersebar di media teknologi. Microsoft akan membeli unit bisnis Device dan Service dari Nokia. Berita ini diumumkan hari ini waktu AS.

Meski detail dan informasi lengkap masih terus berkembang namun seperti yang dikutip TheVerge, setelah pembelian unit dan perangkat dari Nokia ini nantinya Microsoft akan menyatukan Window Phone 8 milik microsoft dengan dukungan perangkat keras yang dimiliki Nokia.

Atas perkembangan ini tentunya merebak berbagai rumor, salah satunya adalah apakah Stephen Elop (CEO Nokia sekarang) akan mengambil tampuk kepemimpinan Microsoft yang ditinggal Steve Ballmer? Dari Engadget disebutkan bahwa Stephen Elop akan mundur dari CEO dan digantikan oleh Risto Siilasmaa (sebagai CEO interim). Atas perubahan yang terjadi ini, Elop sendiri akan menikmati posisi baru sebagai Executive VP of Device & Service. Ballmer sendiri mengumumkan pensiun tahun depan, jadi posisi CEO akan kosong.

Informasi atas hal ini masih berkembang, dan artikel ini pun akan terus diperbaharui. Nantikan update-nya di TRL.

Updated 11.20 WIB:

Dari Engadget disebutkan bahwa Microsoft akan membayar 3.79 miliar euro ($4.99 miliar) untuk semua bisnis perangkat dan layanan Nokia (bisnis ponsel Nokia) dan membayar 1.65 miliar euro ($2.18 miliar) untuk paten yang dimiliki Nokia serta lisensi layanan peta. Selain itu Microsoft juga akan mengambil merek Asha dan Microsoft akan membayar lisensi untuk merek Nokia yang digunakan di ponsel yang sekarang beredar.

Untuk paten sendiri, disebutkan di rilis resmi, Nokia akan melisensikan selama 10 tahun dari paten mereka mulai dari saat kesepatakan ditutup. Microsoft juga akan menjadi pelisensi strategis untuk platform HERE dan membayar lisensi ke Nokia selama 4 tahun. (Lebih lengkap bisa dibaca di sini).

Masih dari TheVerge, kesepakatan pembelian ini akan diselesaikan pada kuarter pertama tahun 2014. Akan ada 2000 orang yang pindah dari Nokia ke Microsoft termasuk 18.300 karyawan yang terlibat langsung pada proses manufacturing.

Untuk bisnis perangkat sendiri kini telah lepas dari Nokia, TheVerge menyebutkan bahwa Nokia akan berfokus pada tiga inti teknologi, NSN (infrastruktur jaringan), HERE (layanan peta serta layanan berbasis lokasi) dan Advanced Technologies (divisi lisensi dan pengembangan).

Kepastian atas akuisisi ini tentunya menjadi hal besar, meski beberapa analis telah merujuk akan terjadinya hal ini, akhirnya pembelian Nokia oeh Microsoft itu pun menjadi kenyataan. Nokia dan Microsoft telah bekerja sama untuk merilis perangkat bergerak Lumia dan menghadirkan beberapa perangkat yang menjadi buah bibir di dunia teknologi dan gadget.

Tentunya bersatunya dua kekuatan ini akan mendorong pengembangan perangkat bergerak dengan sistem operasi yang menjadi kekuatang kuat. Windows Phone 8 akan mendapat dukungan penuh Nokia dari sisi perangkat keras.

Selain mengikuti perkembangan bursa CEO Microsoft yang akan kosong setelah Steve Ballmer nanti pensiun, menarik untuk terus melihat strategi Microsoft di pasar menengah serta atas (Lumia) dan apa yang akan dilakukannya untuk memelihara pasar bawah dengan Asha. Oh ya, belum lagi menarik untuk melihat bagaimana kira-kira strategi teblet mereka setelah pengumuman akuisisi ini.

Anda yang tertarik membaca rilis resmi dari Microsoft bisa membaca di tautan ini. Sedangkan rilis dari Nokia bisa cek di tautan ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again