21 April 2014

by Yoga Wisesa

Nokia Akan Segera Berganti Nama

Setelah pengumuman akuisisi yang dilakukan Microsoft bulan September lalu, akhirnya perusahaan Nokia (atau dalam bahasa Finlandia dikenal dengan nama Nokia Oyj) akan mengubah nama menjadi Microsoft Mobile Oy. Dan dari melihat namanya, terdapat perbedaan cukup besar antara 'Oy' dan 'Oyj'.

Informasi ini didapatkan dari bocoran email antara Microsoft dan para supplier, "Pada tanggal 3 September 2013, Nokia Corporation mengumumkan untuk menjual seluruh [aset] Devices and Services Business ke Microsoft Corporation. Kami mengantisipasi bahwa proses ini akan selesai bulan April 2014."

 

Info menarik: Nokia Akan Jadi Milik Microsoft

 

"Bedasarkan perjanjian penjualan, Microsoft akan mendapatkan semua hak, keuntungan dan obligasi (hutang) bisnis Nokia Devices and Services Business, termasuk perjanjian engan para pemasok, konsumen dan partner yang berhubungan dengan Devices and Services Business," jelas mereka. "Dengan begitu, surat ini memberitahukan bahwa perjanjian Anda dengan bagian Devices and Services Business tidak berubah."

Bagian selanjutnya dari email ini-lah yang memberikan informasi dengan gamblang soal perubahan nama perusahaan asal Finlandia itu: "Mohon dicatat bahwa setelah penutupan transaksi antara Microsoft dan Nokia, nama Nokia Corporation/Nokia Oyj akan berubah menjadi Microsoft Mobile Oy. Microsoft Mobile Oy adalah entitas nama legal yang harus digunakan dalam VAT ID dan penerbitan faktur."

Lalu apa bedanya antara Oyj dan Oy? Oyj, dengan sedikit riset via internet, Oyj adalah perusahaan yang menjual sahamnya ke publik di bursa saham. Sedangkan Oy merupakan jenis perusahaan tertutup yang tergolong ke dalam 'privately held company'. Namun selanjutnya, proses bisnis akan berjalan seperti biasa.

Microsoft Mobile Oy akan melangsungkan bisnis sebagai anak perusahaan Microsoft yang menangani seluruh produksi perangkat bergerak. Microsoft mengubah sedikit ketentuan format penulisan alamat dari markas Nokia di 'Keilalahdentie Espoo' menjadi 'Keilaranta 7 Espoo'. Satu hal lagi, logo Nokia akan dihilangkan dalam layout Purchase Order (PO), sedangkan format lainnya tidak akan berubah.

 

Info menarik: Cortana dan Fitur-Fitur Canggih Lain Mendarat Bersama Update Windows Phone 8.1

 

Dengan surat tersebut, mereka juga tetap memegang hubungan bisnis dengan partner dan supplier lama Nokia Oyj seperti NSN, HERE atau Advanced Technologies setelah penutupan proses akuisisi itu.

Meski menghadapi banyak tantangan dan akhirnya mundur, namun proses pembelian bisnis perangkat bergerak Nokia oleh Microsoft terus berlanjut. Di sisi lain, akhir tahun lalu Nokia sempat dirumorkan sedang mengerjakan konsep produk smartwatch, lalu setelah akuisisi ini akankah Microsoft Mobile Oy akan melanjutkannya?

Anda bisa membaca seluruh isi email untuk para supplier tersebut secara lengkap di laman WM Power User.

Gambar header: Wikipedia.org.