Categories

Mobile

Nokia Boyong Aplikasi HERE ke Android, Ekslusif Untuk Smartphone Samsung Galaxy

Bambang Winarso - 30 August 2014

Baru beberapa hari yang lalu sayup-sayup terdengar kabar bahwa smartwatch Samsung Gear akan memperoleh dukungan aplikasi HERE besutan Nokia. Dan hari ini kabar yang lebih menarik dilansir secara resmi, aplikasi Nokia HERE tersebut telah dapat digunakan di perangkat smartphone seri Samsung Galaxy.

Dalam sebuah blog post resminya, Nokia memastikan aplikasi HERE versi beta untuk platform Android telah tersedia, namun untuk saat ini Nokia hanya menjalin kerjasama dengan Samsung sehingga aplikasi HERE baru dapat digunakan oleh smartphone Samsung seri Galaxy di antaranya adalah Samsung Galaxy S5.

Untuk definisi apa itu aplikasi HERE, tampaknya tak perlu diulas secara teknis karena para pembaca TRL tentu sudah mengetahui apa kegunannya. Sebagai pengingat saja, sederhanya HERE ini adalah sebuah aplikasi peta yang menghadirkan informasi peta terbaru bagi pengguna kendati tanpa koneksi internet. Selain itu dengan kondisi yang sama pengguna tetap dapat menjelajah peta dan mencari tempat tertentu serta menemukan lokasi pengguna via GPS.

 

 

Info Menarik: Nikmati Virtual Reality Lebih Baik, Kini Leap Motion Dapat Dipasang di Oculus Rift

 

 

Untuk dapat menggunakan fitur offline tersebut, pengguna harus mengunduh peta lokasi sesuai dengan domisili masing-masing, saat ini ada 200 peta negara yang disediakan oleh Nokia, 40 peta transit dan lebih dari 750 wilayah perkotaan di 40 negara. Alhasil HERE dapat diakses dengan cepat, dapat di-zoom, diputar, atau ditandai tanpa harus menunggu proses data internet.

Aplikasi HERE menawarkan tiga cara kepada pengguna saat ingin menuju ke suatu tempat, mulai berjalan kaki, berkendara atau menggunakan transportasi publik. Opsi manapun yang dipilih oleh pengguna nantinya aplikasi akan memberikan rekomendasi rute terbaik yang biasanya terdiri tiga alternatif.

 

 

Info Menarik: Cara Memindahkan Kontak di Perangkat Android

 

 

Kendati kemampuan offline yang ditawarkan sudah cukup memadai, pengguna tetap dapat menikmati fitur-fitur lanjutan yang hanya bisa diakses dalam kondisi terhubung ke jaringan internet. Ada dua fitur utama yang disajikan untuk mode ini yaitu live traffic dan jadwal keberangkatan trasnportasi publik secara real time. Pengguna dapat pula tersambung ke Here.com untuk menyamakan informasi antar perangkat.


Sementara itu khusus untuk perangkat Samsung, Nokia mengkofirmasi bahwa aplikasi HERE di smartphone Samsung Galaxy dapat disandingkan dengan smartwatch Gear S, kemudian terintegrasi dengan Gylmpse dan Samsung Car Mode. Artinya, pengguna yang memiliki Samsung Gear S dapat membuat rencana perjalanan menggunakan smartwatch yang terhubung ke smartphone via Bluetooth. Dengan begitu pengguna tak harus selalu memandang layar smartphone untuk mengetahui rute yang dilalui.

Sayangnya tidak disebutkan apakah aplikasi peta HERE akan tersedia untuk perangkat berbasis Android lain, atau kapan akan dirilis ke Google Play Store untuk dapat digunakan oleh publik. Padahal platform iOS sudah puas menggunakan aplikasi HERE sejak dua tahun silam. Informasi ketersediaan yang ada hanyalah aplikasi HERE untuk smartphone Samsung Galaxy akan tersedia saat perangkat Samsung Gear S tersedia untuk dijual di toko.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter