9 September 2014

by Meth Pralistami

Aplikasi Glam Me dan Creative Studio Kini Menanggalkan Nama Nokia

Ada update 'ringan' untuk beberapa aplikasi yang tersedia di perangkat berbasis Windows Phone. Dua aplikasi terkait foto yang sebelumnya ada kata Nokia kini telah berubah.

Informasi tentang berubahnya nama ini saya dapatkan ketika beberapa hari lalu meng-update OS perangat Lumia 720 menjadi Lumia Cyan. Saat itu juga ada notifikasi dari Store kalau ada update untuk aplikasi Nokia Glam Me dan Nokia Creative Studio. Dan ternyata kedua aplikasi tersebut sudah tidak menggunakan embel-embel Nokia lagi.

Setelah mengakuisisi Nokia, Microsoft sudah mulai rebranding aplikasi-aplikasi besutan Nokia terdahulu. Nokia kini dikenal dengan nama Microsoft Mobile. Selain yang disebutkan di atas, beberapa aplikasi lain yang sudah berubah nama adalah Lumia Storyteller, Lumia Cinemagraph, Lumia Panorama, dan My Lumia.

Microsoft pintar memanfaatkan tren masa kini dan menambahkan kata selfie dalam aplikasi foto ini. Ya, saat ini semua kalangan memang lagi hobi sekali selfie dimana pun kapan pun. Dengan segala fitur yang ada, memang pantas aplikasi ini menggunakan istilah selfie, beberapa fitur yang disediakan berguna bagi mereka yang gemar selfie.

Setelah melakukan pembaruan, saya tidak menemukan penambahan fitur di update ini. Di laman toko aplikasi resmi mereka pun hanya menuliskan bahwa Lumia Selfie menggantikan nama aplikasi Nokia Glam Me saja.

Selain Lumia Selfie, tampilan Lumia Creative Studio 6.0 yang juga telah meninggalkan nama Nokia dan bertambah nama Lumia kini berubah jadi lebih enak digunakan.

Jika sebelumnya saat pengguna meng-edit foto akan kehilangan file aslinya, dengan update pengguna tetap bisa memiliki atau menyimpan file asli dari foto yang diubah. Selain itu kini ada beberapa filter tambahan yang disediakan bagi pengguna. Sayangnya untuk fitur Color Pop masih berstatus coming soon.

Update dari beberapa aplikasi yang menggunakan Nokia yang kini menggunakan nama Lumia telah bisa didapatkan di toko aplikasi, cek perangkat Windows Phone atau perangkat Lumia Anda.