Categories

Gadget

Nokia Kembali ke Segmen Perangkat Pintar, Rilis Tablet Nokia N1

wiku - 19 November 2014

Produk misterius yang sedang disiapkan Nokia terkuak sudah. Nokia secara resmi mengumumkan tablet Nokia N1.

Nokia N1 adalah tablet dengan layar 7.9 inci resolusi 2048x1536. Dilengkapi layar Gorilla Glass 3 IPS panel dengan LED backlight. Untuk jeroan perangkat tablet ini menggunakan Intel 64 bit Atom Z3580 dengan kecepatan 2.3 Ghz dan RAM 2GB. Memori internalnya cukup besar, 32 GB.

Ini adalah come back-nya Nokia dan menjadi perangkat pintar pertama setelah Nokia melepas divisi device and service mereka ke Microsoft.

Yang menarik dari Nokia N1 adalah desainnya. Yes, mirip iPad mini. Bahkan kalau dilihat dari gambar yang ada, sangat mirip. Bagian bawah untuk speaker juga mirip, ukuran layar pun sama. Kalau Anda berkunjung ke situs resminya, jangan kaget kalau tampilannya pun mirip situs resmi Apple. Beberapa bagian, pinggir serta sudut, saya rasa juga mirip desain iPhone 6.

Nokia N1 ini dilengkapi kamera 8MP untuk belakang dan 5Mp untuk depan, dapat merekam video 10180p. Berat dari perangkat ini 318 g dengan bahan body aluminium dan desain unibody. Hal menarik lain dari Nokia N1 adalah penggunaan Micro-USB 2.0 dengan Type-C reversible connector, memungkin Anda menggunakan konektor secara bolak-balik.

 

Info menarik: Z Launcher, Launcher Android dari Nokia

 

Untuk perangkat lunak, Nokia N1 dilengkapi Android 5.0 atau Lollipop dengan antara muka buatan Nokia sendiri Z launcher.

Menilai dari tampilan yang ada di foto dan mengenyampingkan bahwa perangkat ini sangat mirip dengan iPad mini, saya harus bilang perangkat ini cukup menarik. Z Launcher juga sepertinya memang didesain untuk bertemu perangkat Nokia N1. Tampilan UI minimalis yang fokus pada fungsi bertemu tampilan polos tablet N1.

Hal menarik lain adalah pangsa pasar yang ingin disasar Nokia dengan tablet ini salah satunya yaitu Tiongkok. Bisa jadi ini tidak lepas dari kerja sama (lisensi) Nokia dengan Foxconn untuk membuat tablet ini.

Harga jual Nokia N1 di Tiongkok adalah $249 sebelum pajak dan diluncurkan bulan Februari tahun depan. Spesifikasi lengkap bisa dilihat lewat tautan ini.

Sumber TheVerge dan situs resmi Nokia N1

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter