10 December 2013

by Yoga Wisesa

Nokia Lumia 1020, Inkarnasi Terbaru Teknologi PureView, 'Diresmikan' di Indonesia

Mungkin ada beberapa hal yang memotivasi Anda dalam memilih smartphone. Beberapa memilih mobilitas dan pilihan fleksibilitas aplikasi, konsumen lain memilih spesifikasi hardware sebagai medium hiburan dan game, dan tidak sedikit yang memilihnya dengan melihat teknologi kamera yang ada di dalam smartphone. Nokia Lumia 1020 memang dirancang untuk golongan yang terakhir ini.

Kemarin Nokia Lumia 1020 akhirnya mendarat resmi di Indonesia dan mungkin ia merupakan satu-satunya smartphone dengan kamera tercanggih saat ini. Teknologi di dalamnya tidak lain merupakan warisan dari Nokia PureView 808 yang pertama kali diperkenalkan Februari 2012. Namun tidak seperti tubuh PureView 808 yang 'bulky', Nokia 1020 telah mengadopsi desain dan fungsi sejati smartphone.

Jadi apa saja yang Lumia 1020 miliki? Para desainernya mengkombinasi sensor 41-megapixel, enam buah lensa optik Carl Zeiss dan teknologi image stabilization terbaru. Mereka bekerja keras agar hasil gambar bisa bersanding dengan foto-foto kamera DSLR. Dengan resolusi raksasa yang dimilikinya, bukan hanya hasil foto sangat tajam, tetapi juga sangat ampuh di kondisi low-light: dalam uji coba hands-on, saya bisa mengabadikan foto orang bergerak di ruang gelap dengan hasil tajam.

Bukan itu saja, kami para jurnalis juga diperkenankan untuk menjajal kemampuan kamera Lumia 1020 dengan objek foto maket miniatur. Saya bisa melakukan zoom dengan leluasa dan mendapatkan titik fokus dengan mudah. Smartphone ini dapat menyajikan hasil gambar detail miniatur pohon palem yang cuma berukuran 2cm. Dengan begini, Lumia 1020 juga bisa dimanfaatkan untuk foto semi-makro dan juga foto boga.

Fungsi standar Nokia Camera juga memungkinkan Anda untuk berkreasi dengan Lumia 1020. Diadaptasi dari fitur-fitur kamera DSLR, Anda bisa menyesuaikan white balance, mengkustomisasi fokus secara manual, mengatur ISO, shutter speed hingga brightness. Mungkin pada awalnya penggunaan menu sedikit butuh penyesuaian, namun sebenarnya ia cukup intuitif.

Nokia Lumia 1020 juga dilengkapi fitur dual capture yang mengambil gambar beresolusi 38-megapixel secara bersamaan yang bisa Anda edit nantinya, sekaligus mengabadikan gambar 5-megapixel yang memudahkan Anda untuk saling berbagi ke jejaring sosial.

Satu hal pelengkap namun tidak kalah apik adalah teknologi Nokia Rich Recording yang bisa dimanfaatkan untuk merekam video full-HD dengan gambar dan suara yang jernih. Ia bahkan mampu 'mencerna' suara yang keras hingga 140 desibel.

Menurut sang fotografer kawakan Indonesia, Arbain Rambey, Lumia bisa menggantikan hingga 70 persen fungsi kamera DSLR tapi tentunya dengan pengecualian untuk fotografi olah raga dan otomotif. Ia menjelaskan, "Ada empat faktor yang mempengaruhi hasil foto, dan salah satunya adalah teknis kamera. Dengan keseluruhan teknologi imaging yang dimiliki Nokia Lumia 1020, pengguna tidak lagi perlu mengkhawatirkan faktor teknis."

Berjala di platform Windows Phone, Anda juga sudah bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi seperti Instagram, Waze, Vine, Facebook, Twitter, Skype hingga Foursquare.

Satu hal yang mengganjal untuk saya adalah harga yang ditawarkannya. Nokia Lumia 1020 dibanderol seharga Rp 8 juta. Mungkin untuk mobilitas tinggi dan kecanggihan teknologi, uang sebesar ini memang bisa dipertimbangkan. Namun dengan uang yang lebih sedikit, Anda bisa mendapatkan kamera DSLR semi-pro dan jika tidak terburu-buru, Anda bisa menabung untuk kamera micro four-thirds.

Nokia telah melakukan soft-launching Lumia 1020 beberapa minggu yang lalu, smartphone ini sudah tersedia di Indonesia sejak 28 November kemarin.

Ini dia spesifikasinya:

  • Sistem operasi Windows Phone 8
  • Layanan pemetaan HERE Maps dan HERE Drive+ tersedia secara gratis melalui Windows Phone Store
  • Layar 4,5-inci AMOLED WXGA (1280x768), 2,5 D dengan Corning Gorilla Glass 3, PureMotion HD+, ClearBlack, High Brightness Mode, Sunlight Readability, Super Sensitive Touch, Nokia Glance Screen
  • Baterai 2000 mAh, fitur wireless charaging dengan cover tambahan
  • Prosesor 1,5GHz dual-core Snapdragon S4
  • Kamera utama PureView 41-megapixel dengan optical image stabilization, resolusi 7712x5360. Dilengkapi Nokia Camera, Xenon flash dan LED flash (video)
  • Kamera depan HD 1,2-megapixel wide angle
  • Memori 2GB RAM, 32 memori internal. Gratis 7GB SkyDrive