12 July 2013

by wiku

Nokia Lumia 1020 Resmi Diluncurkan

Pada acara di kota New York Kamis malam (waktu Indonesia), Nokia secara resmi memperkenalkan smartphone terbaru dengan kamera 41 megapixel, Nokia Lumia 1020.

Peluncuran ini menjadi kejelasan atas berbagai rumor yang sebelumnya beredar. Nokia 1020 menonjolkan fitur kamera dengan teknologi PureView, smartphone ini dilengkapi dengan generasi kedua dari sensor 41 megapixel. Terdapat fitur image stabilization,6 lens Zeiss optics, dan xenon flash.

Smartphone ini bisa mengambil gambar pada 38 megapixel dengan rasio 4:3 serta 16:9. Untuk pengambilan video, 1080p lengkap dengan 4x zoom dan up to 6x pada 720p. Dalam demo saat peluncurannya, Stephen Elop (CEO Nokia) mendemontrasikan bagaimana kehebatan kamera dari Lumia 2010.

Mulai dari mengambil foto orang yang bergerak dalam ruangan redup menggunakan flash, dengan hasil yang lebih baik jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S4 dan iPhone 5 sampai dengan kemampuan zoom dari Lumia 1020. Salah satu yang menarik adalah foto jarum ditumpukan rumput kering, dimana dengan menggunakan Lumia 1020, pengguna bisa melihat zoom foto jarum ditumpukan rumput kering dengan sangat jelas. Smartphone ini juga memliki kemampuan untuk mengambil foto terlebih dahulu kemudian melakukan zoom atas foto dengan hasil yang tetap baik. Untuk rekam video pun, Nokia menonjolkan rekaman suara yang maksimal dari proses merekam video dan suara.

Nokia juga menyediakan aplikasi Pro Camera untuk Lumia 1020 ini yang memungkinkan pengguna untuk mengatur flash, fokus, ISO, white balance, shutter speed dan exposure. Aplikasi ini juga memaksimalkan kemampuan kamera Lumia 1020.

Nokia juga menyiapkan aksesori berupa Camera Grip yang dilengkapi beterai built-in, tombol untuk memfoto serta tripod mount. Harga Camera Grip ini akan dijual $79.99.

Selain kamera, Nokia juga mendemokan fitur augmented reality yang dikombinasikan dengan layanan peta HERE milik mereka, memungkinkan pengguna untuk menjelajah spot tertentu secara offline serta kaya akan informasi.

Untuk spesifikasi lainnya, Lumia 1020 juga dilengkapi dengan 2GB RAM, prosesor 1.5 Ghz dual-core S4 dari Snapdragon. Ponsel dengan layar 4.5 inci AMOLED PureMotion HD+ ini memiliki berat 158g dan ketebalan 10.4mm.Layar dari Gorilla Glass 3 memungkinkan pengguna untuk menyentuh dengan kuku atau menggunakan sarung tangan.

Bagaimana dengan ketersediaan? Secara eksklusif untuk awal peluncuran Lumia 1020 akan tersedia di AS bekerja sama dengan AT&T, dijual dengan harga $299.99 untuk 2 tahun kontrak dan akan mulai tersedia tanggal 26 Juli (pre-order 16 Juli) dengan pilihan warna hitam, kuning dan putih. Sedangkan untuk ketersediaan di luar AS, Stephen Elop menyebutkan bahwa kuarter tahun ini Lumia 1020 akan tersedia di Cina, Eropa dan Amerika Latin dan selanjutnya tersedia untuk pasar yang lain. Tidak ada detail untuk ketersediaan di Asia maupun Indonesia.

Lumia 1020 akan membuat pecinta fotografi mobile 'ngiler', bagi Anda pecinta fotografi mari kita bersabar dan berharap, Lumia 1020 juga akan mampir ke pasar Indonesia.

Sumber artikel: TheVerge 1 dan 2 dan Engadget. Foto header diolah dari sini