Gadget

Kehadiran Nokia X Alias Nokia Normandy Semakin Dekat?

Berbagai pentunjuk terbaru dari Nokia yang menjadi pertanda kapan dan dimana proyek 'Nokia X' atau yang sebelumnya dikenal sebagai Nokia Normandy akan diperkenalkan muncul ke publik.

Nokia X atau Nokia Android atau Nokia Normandy diklaim menggunakan versi kustom (atau dalam istilah lebih teknisnya 'forked') dari sistem operasi Android dengan tampilan visual yang tidak lari dari desain Windows Phone.

Sebelum membahas ke sana, kita harus mengerti bahwa penggunaan Android mungkin tidak akan menggantikan platform Windows Phone pada tipe-tipe menengah ke atas. Ia adalah handset kelas entry level yang akan meneruskan Lumia 520 - dengan jumlah memori yang lebih kecil.

Mungkin produk ini (jika benar dirilis) tidak akan membuat kegemparan bagi para pecinta Android, namun setidaknya hal tersebut merupakan langkah 'menarik' yang Nokia lakukan setelah diakuisisi Microsoft.

Petunjuk pertama adalah sebuah undangan yang ditujukan pada media. Menggunakan tagline tebal bertuliskan 'Meet Us Under The Tree', di sana Nokia mengumumkan bahwa mereka akan melakukan konfrensi pers di awal pembukaan Mobile World Congress tanggal 24 Februari pukul 8:30 pagi waktu setempat, berlokasi di Fira Gran Via, Hall 3. Undangan menggunakan unsur warna hijau yang hadir dalam background dedaunan.

 

Info menarik: Versi Web Nokia MixRadio Tambahkan Fitur Play Me

 

Petunjuk kedua adalah peralihan pada background logo Nokia yang dilakukan di halaman Facebook Nokia. Yang tadinya menggunakan warna biru kini berubah hijau. Bahkan cover picture yang Nokia gunakan sebelumnya juga digantikan oleh warna background yang sama. Perubahan ini berlaku untuk semua cabang Nokia di seluruh dunia. Dan kita tahu, hijau adalah warna utama dari Android.

Kita belum tahu apakah Nokia akan mengubah Fira Gran Via menjadi perkebunan 'mendadak', atau mungkin Nokia X  akan diluncurkan dengan mengambil tema ramah lingkungan. Bolehkah kita berharap akan ada fitur baru, seperti komponen panel pembangkit listrik tenaga surya pada salah satu smartphone baru mereka? Atau mungkin mereka mengusung konsep rendah kebutuhan listrik? Beli handset Nokia, selamatkan Bumi kita?

 

Info menarik: Beberapa Rumor Lanjutan Atas Nokia ‘Android’ Normandy

 

Nokia X diperkirakan akan dibundel bersama layanan-layanan eksklusif Microsoft, seperti Bing, Outlook hingga Skype. Berdasarkan WMPowerUser, retailer asal Vietnam telah mulai menawarkan Nokia Normandy X A110 di website mereka. Di sana ia dibanderol seharga kurang lebih US$ 110. Jika dibandingkan dengan Lumia 520, Nokia X atau Normandy akan memiliki jangkauan harga US$ 50 lebih murah.

Seperti yang saya bahas sedikit di atas, dengan harga yang lebih murah berarti Nokia X  memiliki spesifikasi yang sedikit lebih rendah. Di situs tersebut mereka membeberkan spek cukup lengkap, Nokia X hanya memiliki memori internal 4GB dengan RAM sebesar 512MB.

Nokia sendiri telah mencoba mengembangkan handset Android-nya sebelum mereka diakuisisi Microsoft September lalu. Analis berpendapat bahwa peluncuran smartphone tipe Android mereka menggarisbawahi betapa buruknya perhitungan Microsoft dan Nokia terhadap pasar mobile.

Dilihat dari sisi teknis, OS Windows Phone masih belum optimal untuk diterapkan pada smartphone-smartphone budget (murah) yang menjadi lini terbesar dalam pertumbuhan pasar.

Pertanyaan klasik yang banyak membuat orang penasaran adalah: apakah Nokia X atau Nokia Normandy mampu membuat gebrakan di pasar low-end, karena Android pada dasarnya masih merajai lini tersebut? Kita berharap Nokia dan Microsoft benar-benar memikirkan strategi mereka dengan matang, karena mereka telah berinvestasi dengan modal yang tidak sedikit untuk melahirkan Normandy.

Via WPCentral dan Wall Street Journal. Gambar header via WPCentral.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again