9 May 2013

by wiku

Nokia Perkenalkan Perangkat Asha Terbaru, Nokia Asha 501 yang Didukung Asha Platform

Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya, Nokia menggelar acara global di India hari ini. Dan Nokia akhirnya memperkenalkan perangkat Asha terbaru, Nokia Asha 501.

Dalam acara ini, Stephen Elop membuka presentasi dan memperkenalkan Nokia Asha 501, sebuah versi baru dari jajaran Nokia Asha dengan desain dan warna yang trendi dan cocok untuk anak muda.

Desain dari Asha 501 ini terinspirasi dari desain perangkat Nokia lainnya yaitu Nokia Lumia termasuk beragam warna yang tersedia untuk perangkat ini.

Nokia Asha 501 menghadirkan layar sentuh penuh 3 inci, hanya ada satu tombol yang ada di bagian depan, tombol dengan logo '<' sepertinya tombol back. Pengoperasian ponsel ini menggunakan swipe. Fitur ini ditonjolkan oleh Nokia dalam presentasinya.

Swipe untuk tutup aplikasi, swipe untuk berpindah fitur, swipe to go home. Ada fasilitas home dan fastlane -  Anda bisa menikmati 'kegiatan' yang telah Anda lakukan, yang sekarang dan yang akan dilakukan di ponsel. Anda cukup swipe untuk berpindah berbagai menu di ponsel. Double tap untuk membuka lock kunci ponsel.

Nokia juga menonjolkan demo performance dimana seamless dari perpindahan ketika melakukan swipe dan beberapa fungsi di aplikasi nenar-benar ‘mulus’. Performa ini didukung oleh platform baru yang juga diperkenalkan Nokia yang digunakan di perangkat ini, yaitu Asha Platform.

Nokia Asha 501 ini akan memiliki daya tahan baterai 17 jam talk time,up to 48 hari stand by. Asha 501 ini memiliki DualSIM dan bisa ganti kartu tanpa mematikan ponsel. Asha 501 akan menggunakan mico-SIM dan akan tersedia juga untuk yang single SIM. Akan memilki kamera belakang 3.2 megapixel, fitur WiFi serta layar 3 inci. Internal memori 4GB (kartu memori bawaan) dan dukungan microSD sampai dengan 32GB.

Nokia juga memperkenalkan Xpress Now sebagai pengembangan dari Xpress Browser yang menjadi unggulan yang disematkan di perangkat Asha. Peramban ini akan memberikan dukungan kompresi data atas Asha 501 serta berbagai fitur lain.

Aplikasi pun mendapat sorotan, Stephen Elop mengatakan bahwa berbagai aplikasi populer telah tersedia, misalnya Facebook, Line, Foursquare, Twitter, YouTube, LinkedIn dan berbagai aplikasi lain seperti dari Gameloft. Nokia juga mengatakan bahwa akan ada berbagai aplikasi yang berhubungan dengan peta. Setelah peluncuran mereka pun akan mengusahakan untuk menyediakan aplikasi yang sebelumnya telah ada di platform Asha (touch) ke Asha Platform yang baru.

Selain itu Nokia juga akan menjalin kerja sama dengan Facebook untuk memberikan akses ke jejaring sosial ini secara lebih mudah dan murah.

Dukungan pada pengembang juga tidak dilupakan. Nokia akan memberi dukungan dalam hal teknis serta berbagai fitur di aplikasi seperti In App Payment, fitur try n buy untuk aplikasi dan Nokia ad exchange (iklan) dan operator billing. Nokia mengajak para pengembang untuk masuk ke Nokia Asha Ecosystem. Para pengembang akan bisa mengembangkan aplikasi untuk Nokia Asha 501 yang akan kompatibel dengan perangkat lanjutan yang menggunakan Asha Platform.

Nokia Asha 501 akan dijual di bawah satu juta ($99 sebelum pajak dan subsidi) mulai bulan Juni dan akan tersedia di 90 negara di seluruh dunia. Stephen Elop juga mengatakan, Nokia telah bekerja sama dengan berbagai operator dan untuk di Indonesia, disebutkan Telkomsel juga telah siap untuk menjual perangkat ini.

Penasaran seperti apa Asha Platform dan demo dari penggunaan Nokia Asha 501? Berikut beberap video perkenalannya.

Sumber: live presentation dan ConversationsNokia

Updated: Perbaikan beberapa keterangan tambahan dan kesalahan ketik, tanpa mengubah isi dan maksud artikel. Serta spesifikasi ponsel.