29 August 2013

by Iqbal Farabi

Nokia Rilis Feature Phone Nokia 515

Barangkali sebagian besar pembaca Trenologi sudah terbiasa melihat penggunaan smartphone atau ponsel pintar yang saat ini sudah bertebaran dimana-mana. Meskipun demikian, menurut laporan dari Gartner, sesungguhnya penjualan ponsel pintar baru berhasil mengungguli penjualan feature phone pada kuartal kedua lalu, dengan selisih angka penjualan yang cukup tipis yakni 225 juta unit untuk ponsel pintar dan 210 juta unit untuk feature phone.

Tidak mengherankan jika masih cukup banyak produsen yang merilis model baru perangkat feature phone. Salah satunya adalah Nokia yang kemarin mengumumkan perangkat feature phone terbarunya, Nokia 515.

Nokia 515, meski dikategorikan sebagai feature phone, nampak berusaha keras untuk menghadirkan sebuah konsep feature phone yang premium dan elegan. Beberapa spesifikasi Nokia 515 bahkan mengungguli ponsel-ponsel pintar kelas medium seperti kamera belakang beresolusi 5 megapiksel, bodi perangkat yang berbahan alumunium, serta layar yang sudah menggunakan teknologi Gorilla Glass 2 meskipun hanya berukuran 2,4 inci saja.

Spesifikasi teknis lainnya tergolong standar dan memang sesuai untuk kategori harga yang disasar Nokia 515. Spesifikasi ini diantaranya berupa dukungan terhadap dua sim card (GSM dan CDMA), jaringan HSDPA, serta flash memori sebesar 256 MB yang bisa ditambah dengan microSD hingga 32 GB.

Berbasiskan perangkat lunak S40 yang juga digunakan pada perangkat-perangkat seri Asha, Nokia 515 memiliki beberapa fitur perangkat lunak yang relatif lengkap di kelasnya. Perangkat lunak seperti Nokia Xpress Browser, Facebook, dan Twiter tentu menjadi perangkat wajib yang sudah tersedia di Nokia 515 secara pre-loaded. Sebagai nilai lebih, Nokia 515 juga memiliki fitur pengambilan foto dalam mode Panorama, fitur yang jarang ditemui di perangkat feature phone pada umumnya. Ada juga fitur Slam yang memudahkan berbagi gambar dengan menggunakan jaringan bluetooth. Sebagaimana perangkat berbasis S40 lainnya, pengguna juga bisa mengunduh berbagai aplikasi lain dari katalog Nokia Store untuk lebih memperkaya perangkat Nokia 515.

Dibanderol dengan harga 115 euro (hampir sekitar 1,7 juta rupiah menurut kurs saat tulisan ini dibuat), Nokia 515 bisa jadi pilihan bagi mereka yang masih tertarik dengan perangkat feature phone. Rencananya Nokia 515 akan mulai dipasarkan pada kuartal ketiga tahun ini, meskipun belum ada tanggal yang spesifik dari Nokia. Sementara menunggu tanggal rilisnya, Anda bisa melihat spesifikasi lengkap perangkat ini di blog resmi Nokia atau menyimak trailer-nya pada video berikut ini.

[youtube id="vhVHgdZyFTw" width="620" height="360"]