14 November 2012

by wiku

Nokia Rilis HERE, Merek Baru Untuk Layanan Lokasi dan Peta

Nokia perkenalkan platform dan merek baru untuk layanan lokasi dan peta mereka bernama HERE, yang merupakan layanan berbasis cloud untuk peta dan lokasi yang bisa diakses dari berbagai jenis layar serta sistem operasi.

HERE akan menghadirkan pengalaman penggunaan peta berbasis cloud, memberikan pengguna pengalaman lebih baik untuk menjelajah, menemukan serta berbagi lokasi, selain itu HERE juga akan tersedia di beberapa sistem operasi selain yang telah ada.

HERE ini dirilis dalam sebuah acara di San Fransisco radi malam (waktu Indonesia), selain itu layanan ini juga bisa diakses melalui Here.net. Selain fasilitas mencari lokasi via web, ada beberapa fasilitas lain seperti Collection yang berguna untuk mengingat lokasi serta Map Creator yang bisa digunakan oleh pengguna untuk menambahkan sendiri beberapa keterangan pada peta agar jadi lebih lengkap.

Nokia juga mengumumkan beberapa kemitraan serta rencana ketersediaan aplikasi berdasarkan teknologi HERE untuk beberapa platform. Yang pertama Nokia mengumumkan bahwa mereka akan segera meluncurkan aplikasi peta untuk iOS yang akan berada di bawah merek HERE. Berbasis HTML5, aplikasi ini akan memiliki fasilitas offline, navigasi suara, serta arah untuk transportasi publik. Aplikasi ini akan segera tersedia secara gratis dalam beberapa minggu lagi.

Selain itu, Nokia juga mengumumkan kemitraan strategis dengan Mozilla untuk membawa pengalaman dari layanan lokasi ke Firefox OS yang sedang dalam tahap pengembangan. Layanan peta HERE versi mobile web akan tersedia untuk Firefox OS baru tahun depan.

Terakhir, Nokia juga akan menyediakan SDK bagi para pengembang Android untuk HERE awal tahun 2013, memungkinkan pengembang Android untuk membuat aplikasi berbasis lokasi dengan konten peta dari Nokia.

Pengalaman peta 3D juga akan dihadirkan Nokia lewat akuisisi dari perusahaan Eartmine. Integasi atas layanan peta 3D akan dihadirkan lewat merek HERE. Akuisisi ini diperkirakan akan selesai pada akhir tahun 2012.

Bersamaan dengan pengumuman HERE ini Nokia juga memperkenalkan LiveSight, pengalaman augmented reality yang berhubungan dengan lokasi yang bisa dinikmati menggunakan ponsel. Aplikasi yang dikembangkan berdasarkan teknologi LiveSight adalah Nokia City Lens yang tersedia khusus untuk perangkat Nokia Lumua.

Peta merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki Nokia, menarik untuk melihat mereka terus mendorong berbagai inovasi serta perkembangan terbaru dari layanan peta mereka. Lumia 920 yang baru saja diluncurkan juga memaksimalkan layanan peta dengan fasilitas Nokia City Lens. Selain itu menarik juda untuk menanti kehadiran aplikasi peta Nokia di platform iOS dan Firefox OS yang masih dalam tahap pengembangan.

Rilis resmi dari peluncuran HERE bisa di cek di tautan ini.

Sumber: Unleashthephones.