17 May 2013

by Iqbal Farabi

Nokia Rilis Aplikasi Xpress Now untuk Perangkat Asha

Nokia nampaknya sangat sibuk pada bulan Mei ini. Setelah memperkenalkan Asha 501 dan Lumia 925, Nokia kembali membuat berita dengan dirilisnya aplikasi Xpress Now untuk pengguna perangkat seri Asha.

Berdasarkan keterangan dari rilis pers yang diberikan oleh Nokia di situs Nokia Conversations, Xpress Now merupakan plugin untuk peramban milik Nokia yang berjalan di atas perangkat seri Asha, Xpress Browser. Xpress Now adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk menemukan konten-konten menarik di internet.

Untuk membantu menemumkan konten-konten menarik di internet, Xpress Now memberikan tiga fitur kepada penggunanya. Fitur What's Hot menampilkan halaman-halaman web yang banyak dilihat oleh pengguna lain di area sekitar lokasi pengguna. Fitur You May Also Like menampilkan halaman-halaman web yang berhubungan dengan minat pengguna. Sementara fitur Most Liked, yang saat ini masih dalam tahap pengembangan, rencananya akan menampilkan halaman-halaman yang paling banyak disukai oleh pengguna Xpress Browser yang lain.

Xpress Browser sendiri diklaim sudah memiliki lebih dari 80 juta pengguna aktif. Dalam rilis pers, Andy Kelm dari divisi Xpress Services, mengatakan, "kami mendapati bahwa pola browsing internet dalam sebuah negara sangat homogen. Kebanyakan [pengguna Asha] hanya mengetahui sebagian kecil situs web yang populer. Kami menyadari bahwa dengan membuat sebuah fitur rekomendasi, kita bisa merubah hal tersebut".

Saat ini Xpress Now masih dalam tahap beta dan hanya tersedia di India. Meskipun demikian, sepanjang tahun 2013 ini Xpress Now diharapkan akan mulai bergulir ke negara-negara lain yang memiliki banyak pengguna perangkat seri Asha.