Categories

Gadget

Nokia T20 Resmi Diperkenalkan, Tablet Android Pertama dari HMD Global dengan Harga Terjangkau

Dibanderol mulai 199 euro, Nokia T20 mengunggulkan layar 10,4 inci beresolusi 2K, bodi logam, dan baterai berkapasitas jumbo

Glenn Kaonang - 6 October 2021

Rumor dan bocorannya sempat berseliweran di internet beberapa waktu lalu, tablet Nokia T20 akhirnya resmi diperkenalkan oleh HMD Global. Perangkat ini sekaligus menandai debut perdana HMD di kategori selain smartphone. Meski begitu, T20 bukanlah tablet pertama yang mengusung nama Nokia.

Kenapa tablet dan kenapa baru sekarang? Berdasarkan penjelasan Adam Ferguson, Global Head of Product Marketing HMD, dalam acara virtual yang saya ikuti pekan lalu, perubahan tren pasar menjadi motivasi utama mereka untuk ikut terjun ke segmen tablet.

Mengutip data yang dilaporkan oleh IDC, Adam menjelaskan bahwa untuk pertama kalinya sejak tahun 2014, pertumbuhan di pasar tablet akhirnya mengalami kenaikan pada tahun kemarin. Seperti yang sudah kita alami sendiri, tren bekerja dari rumah dan sekolah online memang memaksa sebagian besar dari kita untuk membeli laptop atau tablet baru demi kelancaran aktivitas sehari-hari.

Nokia T20 hadir membawa spesifikasi ala tablet kelas entry-level. Ia ditenagai chipset octa-core Unisoc T610 dengan pilihan RAM berkapasitas 3 GB atau 4 GB. HMD menawarkan dua opsi penyimpanan internal: 32 GB atau 64 GB, dan kedua varian sama-sama mendukung ekspansi storage via kartu microSD dengan kapasitas maksimum 512 GB.

T20 mempunyai layar 10,4 inci dengan resolusi 2000 x 1200. Tingkat kecerahan maksimum layarnya mencapai angka 400 nit, dan panelnya juga sudah mengantongi sertifikasi low blue light dari SGS demi menjaga kenyamanan mata penggunanya. HMD tak lupa membekali T20 dengan kamera depan 5 megapiksel dan kamera belakang 8 megapiksel.

Untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna selama pandemi, T20 datang mengusung mikrofon ganda dengan AI noise reduction dan speaker stereo berteknologi OZO Playback Panorama untuk memastikan pengguna bisa terdengar dan mendengar secara jelas. Colokan headphone tetap tersedia sehingga pengguna tak harus menggunakan Bluetooth jika perlu.

Satu hal yang sangat dibanggakan oleh HMD adalah perihal kapasitas baterai. Di kelas ini, mereka percaya kapasitas 8.200 mAh milik T20 adalah yang terbesar. Sebagai perbandingan, Samsung Galaxy Tab A7 Lite yang juga duduk di kelas entry-level memiliki baterai 5.100 mAh.

Dalam posisi baterainya terisi penuh, T20 dapat digunakan untuk browsing selama 15 jam, streaming video selama 10 jam, atau conference call selama 7 jam. Selain besar, baterai milik T20 juga mendukung fast charging 15 W via USB-C.

Seperti yang sudah menjadi strategi HMD selama ini, Nokia T20 tak hanya menyasar kalangan konsumen rumahan saja, melainkan juga kalangan enterprise. Menurut HMD, Nokia T20 merupakan tablet pertama yang mengusung sertifikasi Android Enterprise Recommended dari Google.

Tipikal HMD, Nokia T20 juga dipastikan bakal menerima pembaruan sistem operasi selama dua tahun, serta security update secara rutin setiap bulannya selama tiga tahun. OS yang digunakan sendiri adalah Android 11, dan HMD tidak lupa menyematkan integrasi Google Kids Space demi mengakomodasi kebutuhan pengguna anak-anak.

Secara fisik, Nokia T20 mengadopsi desain minimalis khas Skandinavia. Struktur bodinya terbuat dari bahan aluminium, dengan bobot di kisaran 465 gram. Perangkat diklaim tahan debu dan tetesan air dengan sertifikasi IP52.

Rencananya, Nokia T20 akan dijual dengan banderol mulai 199 euro (± 3,3 jutaan rupiah), tapi sejauh ini masih belum ada informasi mengenai harga dan ketersediaannya di pasar tanah air. Untuk aksesorinya, HMD bakal menawarkan dua macam rugged case (satu biasa, satu dengan flip cover/stand), serta TWS Nokia Micro Earbuds Pro.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter