10 January 2017

by Bambang Winarso

Susul Samsung, Nokia Siapkan Asisten Virtual Bernama Viki?

Rumor ini berkembang setelah dokumen paten Nokia Viki beredar luas

Kompetisi antara Apple, Google, Microsoft, Amazon dan Samsung tak hanya terjadi di ranah perangkat dan piranti lunak. Kelimanya juga terlibat dalam persaingan sengit dalam mengembangkan teknologi kecerdasan buatan lewat asisten virtual masing-masing. Apple misalnya punya Siri, Google punya Now dan sekarang bahkan sudah meluncurkan Assistant, Microsoft punya Cortana, Amazon dengan Alexa-nya dan Samsung baru saja mengakuisisi Viv.

Tapi persaingan itu berpotensi tak berhenti di lima perusahaan tersebut, pasalnya sebuah perusahaan ternama lainnya disebut-sebut bakal ikut terjun ke kancah yang sama. Perusahaan yang dimaksud adalah Nokia, merk legendaris yang baru saja menjalani kelahiran kembali dalam wujud Nokia 6.

Kabar ini dihembuskan oleh GSMInfo yang membeberkan dokumen paten yang diajukan oleh Nokia. Dalam deskripsi yang dicantumkan, piranti lunak bernama Viki yang menciptakan dan memonitor digital asisten berbasis mobile dan webย yang bekerja dengan mengombinasikan sumber-sumber data dalam satu percakapan dan interface berbasis suara.

Masih terlalu dini untuk membuat kesimpulan ke mana arah yang ingin dituju oleh Nokia dengan asisten virtual Viki. Ada kemungkinan Nokia akan memberikan paten ini ke HMD Global untuk kemudian ditanamkan ke dalam flagship mereka yang disebut-sebut bakal diumumkan di ajang MWC 2017. Tapi, ada juga kemungkinan Nokia hanya akan menggunakan teknologi ini eksklusif untuk produk mereka lainnya di luar dari kesepakatan dengan HMD Global.

Sumber berita MSpoweruser dan gambar header Pixabay.