24 June 2014

by wiku

Nokia X2 Resmi Diperkenalkan

Rumor yang telah beredar akhirnya terjawab. Generasi penerus Nokia X secara resmi telah diperkenalkan oleh Microsoft, nama dari perangkatnya adalah Nokia X2.

Dalam sebuah video (yang juga saya embed di bawah) Anda bisa melihat video promo dari Nokia X2. Tampilan yang berubah pada bagian depan adalah hadirnya tombol Home. Jadi kini ada dua tombol di bagian bawah depan, tombol back dan home.

Dari blog Conversations Nokia dijelaskan bahwa harga Nokia X2 ini akan dijual €99 (atau kurang lebih Rp 1.6 jutaan) sebelum pajak dan subsidi. Penerus dari Nokia X ini secara desain hampir sama dengan versi sebelumnya, namun ditambah elemen pada body agar terlihat lebih mengkilap, tidak lagi doff.

 

Info menarik: Artikel tentang seri Nokia X

 

Dari video demo bisa juga dilihat bahwa UI kini tampak jadi lebih mudah karena tombol back juga bisa berfungsi untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan dengan menekan tombol ini agak lama.

Beberapa elemen khas Lumia juga terasa semakin kental, salah satunya adalah scroll ke kiri pada tampilan home yang menampilkan susunan aplikasi dalam urutan abjad. Selain itu Nokia X2 juga dilengkapi fitur double tap untuk menyalakan ponsel dari versi sleep, fitur yang biasa dinikmati di perangkat Lumia.

Fastlane juga masih tersedia di Nokia X2 ini yang menampilkan aplikasi yang baru saja digunakan. Beberapa fasilitas lain seperti OneDrive, Outlook, OneNote dan beberapa games Xbox tersedia untuk bisa dinikmati bagi pengguna Nokia X2. Akses untuk kamera juga dipermudah dan kini Anda bisa melihat notifikasi dengan swipe dari atas ke bawah.

Dari sisi spesifikasi, Nokia X2 ini akan hadir dengan prosesor 1.2 Ghz dual-core Snapdragon, layar 4.3 inci, kamera belakang 5MP dengan flash dan fasilitas auto focus serta tersedia pula kamera depan. Untuk RAM sendiri adalah 1GB dan baterai 1800mAh.

Seperti pendahulunya, Nokia X2 telah dilengkapi dengan fasilitas dual SIM. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan berbagai aplikasi dari Microsoft, seperti Skype, Outlook termasuk 15GB free dari OneDrive. Aplikasi seperti MixRadio dan HERE Maps akan tersedia secara pre-loaded.

 

Info menarik: Z Launcher, Launcher Android dari Nokia

 

Seri Nokia X - termasuk Nokia X2 - adalah perangkat yang memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi Android lewat toko aplikasi khusus yang disediakan di Nokia Store.

Perangkat ini akan segera tersedia secara global di negara terpilih dalam waktu dekat, Warna glossy yang disediakan adalah hijau, oranye, hitam dan menyusul akan tersedia juga warna glossy kuning, putih serta matt dark grey.

Informasi lengkap tentang Nokia X2 bisa dilihat di sini.

Berikut video demo dari Nokia X2.

 

Video pertama via @nokianesia sumber lain ConversationsNokia dan situs resmi