Smartphone Layar Berlubang Nokia X71 Resmi Diperkenalkan, Juga Punya Tiga Kamera Belakang

Lubang di layar menjadi rumah bagi kamera depan 16MP

Notch memang jadi gebrakan yang sampai hari ini masih digandrungi. Tetapi banyak pabrikan yang perlahan mulai menanggalkannya dan mencoba sesuatu yang baru, misalnya dengan lubang di layar sebagai rumah baru bagi kamera depan.  Seperti yang dilakukan oleh Nokia melalui X71 yang secara resmi diluncurkan di Taiwan belum lama ini.

Bagi Nokia, X71 ini merupakan smartphone kelas menengah pertama yang menyertakan lubang di layar sebagai sentuhan uniknya. Sayangnya, sensor sidik jari masih diletakkan di bagian belakang ketimbang di layar.

Sentuhan baru lainnya terlihat di bagian desain, di mana X71 tampak merupakan hasil evolusi dari desain Nokia 8 Sirocco dengan sentuhan kaca sandwich yang unik. Namun di sisi lain, Nokia X71 masih memancarkan kesan lawas seperti pendahulunya, Nokia 6.1 dan 7 Plus. Tampak depan, Nokia X71 menawarkan ruang bermain bagi jari seluas 6,39 inci diagonal dengan resolusi FullHD + dengan sematan teknologi PureDisplay.

Geser ke jeroan, Nokia X71 dimotori chipset Qualcomm Snapdragon 660 yang akan berjibaku bersama RAM 6GB dan memori 128GB. Ada baterai 3.500mAh di balik punggung smartphone berbasis Android 9 Pie ini, sementara di sisi luar duduk tiga buah kamera dengan konfigurasi yang cukup rumit. Sensor pertama memiliki resolusi 48MP dengan aperture f / 1.8 yang diyakini menggunakan model Samsung GM1 atau Sony IMX586. Berikutnya ada pula sensor ultra wide-angle 8MP (120 derajat) dan kami juga memiliki sensor kedalaman 5MP.

Nokia X71 akan diluncurkan di Taiwan pada tanggal 30 April dengan banderol di kisaran $385. Belum ada konfirmasi soal peluncuran globalnya, tetapi muncul dugaan bahwa Nokia X71 akan meluncur ke pasar global sebagai Nokia 8.1 Plus yang tentu pernah Anda dengar selentingan rumornya.

Sumber berita Nokia via Ubergizmo.