20 February 2017

by Yoga Wisesa

Nolo Ialah Motion Tracker Terjangkau Untuk Headset VR Mobile

Nolo terdiri dari tiga bagian: sepasang motion controller berwujud seperti versi kecil PlayStation Move, unit marker untuk dipasangkan di headset, serta base station.

Berkat beragam pilihan produk, virtual reality kini bisa dinikmati oleh semua orang: via Google Cardboard, ada pula headset VR mobile yang lebih nyaman dikenakan, Daydream View, hingga kelas HTC Vive dan Oculus Rift. Namun berbeda dari head-mounted display premium, device-device terjangkau umumnya belum menyediakan solusi kendali yang dapat diandalkan.

Dengan mengisolasi sang pengguna, satu-satunya sistem kontrol yang efektif dan intuitif adalah kendali berbasis gerakan. Itu sebabnya Oculus VR meramu Touch, dan HTC membundel headset mereka bersama controller motion. Lalu bagaimana dengan para pemiliki Samsung Gear VR atau headset VR mobile sejenis? Tak perlu bingung, Anda bisa memanfaatkan Nolo ciptaan tim LYRobotix.

Nolo adalah perangkat motion control yang dirancang buat mendukung konten virtual reality berbasis smartphone dan ekosistem SteamVR, juga diklaim sebagai sistem front-facing room scale pertama di dunia. Dan selain luasnya faktor kompatibilitas, aspek paling menjanjikan dari Nolo ialah harganya. Satu set periferal canggih ini ditawarkan di harga terjangkau.

Nolo terdiri atas tiga komponen: sepasang motion controller berpenampilan seperti versi kecil PlayStation Move karena bagian bulat di ujungnya, unit marker untuk dipasangkan di headset (tersambung dengan kabel USB), serta base station buat membaca gerakan Anda. Nolo kompatibel ke berbagai device Android, dan dengan menggunakan software Riftcat dan VRidge, Anda bisa menampilkan game SteamVR di layar perangkat bergerak.

Jantung dari kapabilitas Nolo adalah teknologi PolarTraq di dalam base station. Unit tersebut mampu melacak gerakan di ruang 4x4-meter dalam sudut 100 derajat secara presisi - tingkat keakuratannya mencapai kurang dari 2mm. Informasi ini dikirimkan dengan sangat cepat, latency-nya hanya 20-milidetik sehingga pengguna tidak merasa pusing serta meminimalisir disorientasi.

Masing-masing unit controller-nya dibekali touchpad bulat, tombol menu dan sistem, trigger button, sistem haptic feedback, dengan frekuensi tracking di 60Hz. Periferal ini mampu membaca hampir seluruh jenis gerakan, baik perpindahan posisi maupun rotasi. LYRobotix menjelaskan bahwa Nolo siap buat menunjang penyajian konten virtual reality di Samsung Gear VR, Google Cardboard, Homido VR, Zeiss VR One Plus, serta Google Daydream View.

Proses penggalangan dana yang dilakukan LYRobotix di situs crowdfunding Kickstarter berjalan mulus dan developer sukses mengumpulkan modal hampir empat kali target awal. Di sana, Nolo sudah bisa Anda pesan, ditawarkan mulai dari US$ 100 dan akan didistribusikan pada bulan Mei 2017.