9 February 2016

by Yoga Wisesa

Notebook Gaming Berteknologi Eye-Tracking MSI Sudah Bisa Anda Miliki

MSI menyuguhkan teknologi Tobii di empat model: GT72S 6QE Dominator Pro G, GT72 6QE Dominator Pro G, GT72S 6QD Dominator G, dan GT72 6QD Dominator G.

Sejauh ini gamer selalu, dan akan selalu, memperdebatkan periferal terbaik untuk gaming. Penikmat game PC berargumen pasangan keyboard-mouse tidak bisa dikalahkan dalam aspek keakuratan, tapi tidak sedikit gamer berpendapat bahwa gamepad merupakan aksesori kontrol paling fleksibel. Menariknya, MSI malah mencoba menerapkan input berbasis gerakan mata pada produk gaming mereka.

Kolaborasi eksperimental antara Micro-Star International dengan Tobii Technology telah terpantau sejak tahun lalu. Notebookgaming berfitur eye-tracking itu kembali mendapatkan sorotan di ajang CES 2016. Namun saat itu MSI masih malu-malu mengungkap info lebih rinci mengenai hardware, hingga akhirnya sang produsen Taiwan itu memberi update rincian via website serta meluncurkannya di Newegg.

Terhitung mulai minggu ini, deretan laptop GT72 G Tobii sudah bisa Anda beli. MSI menyuguhkannya dalam empat model, meliputi GT72S 6QE Dominator Pro G, GT72 6QE Dominator Pro G, GT72S 6QD Dominator G, dan GT72 6QD Dominator G. Perbedaan mereka terletak di komposisi hardware, contohnya kehadiran teknologi Super RAID 4, penyimpanan SSD, dan pemilihan kartu grafis.

Semua varian GT72 G Tobii menyuguhkan layar 17,3-inci, dengan opsi tipe FHD 75Hz ber-G-Sync atau 4K dengan Adobe RGB 100%. Di area bawah, Anda bisa langsung melihat tiga buah lampu berwarna merah. Melalui modul Tobii EyeX Tracking inilah, notebook dapat mendeteksi gerakan mata Anda dan mengubahnya jadi input kendali.

Tim Tobii terus memperluas koleksi game yang kompatibel ke teknologi tersebut. Sejauh ini, Assassin's Creed Rogue, Arma 3, MS Flight Simulator, DayZ, Euro Truck Simulator serta Elite: Dangerous telah mendukungnya.

Berdasarkan pengalaman saya menjajal Assassin's Creed Rogue berbekal EyeX Tracking, mata Anda akan menggantikan peran mouse. Sebelum masuk ke permainan, sistem meminta pengguna untuk melakukan kalibrasi. Jangan cemas jika Anda divonis buat mengenakan kacamata seumur hidup, Tobii tetap bisa membaca gerakan mata. Di dalam game, melihat ujung display membuat kamera bergerak ke arah tersebut.

Di luar gaming, eye-tracking dapat dimanfaatkan buat navigasi Windows dan log-in melalui Windows Hello. Ia juga bisa diintegrasikan ke XSplit Gamecaster, sehingga penonton dapat mengetahui ke mana broadcaster melihat.

GT72 G Tobii versi paling canggih dipersenjatai chip Intel Core i7-6820H, GPU Nvidia GeForce GTX 980M, RAM DDR4 empat slot sampai 64GB, penyimpanan Super Raid 4 berkecepatan lebih dari 3.300Mbps, dan networking Killer E2400 Gigabit Ethernet dengan Killer Shield serta W-LAN Killer Wireless-AC 1535.

Di Newegg, GT72 G Tobii dibanderol mulai dari US$ 2.600.

Sumber: MSI.com