24 April 2014

by Yoga Wisesa

Notebook Gaming Kolaborasi Acer dan AMD, Aspire V5-552G, Mendarat di Indonesia

Bagi beberapa produsen, gaming merupakan istilah industri hiburan yang kini paling krusial. Kita tahu perusahaan seperti AMD sudah mengakar erat pada wilayah pasar yang spesial tersebut, dan Acer sendiri bukanlah nama baru dalam lini gaming. Namun dengan Aspire V5-552G, ini merupakan langkah pertama mereka dalam kompetisi panas di kelas gaming notebook.

Aspire V5-552G diusung dengan pendektan yang unik. Baik AMD dan Acer mengangkat tema 'Mainstream Gaming' pada notebook anyar ini, tapi jika melihatnya sekilas, Anda mungkin tidak sadar bahwa dari awal Aspire V5-552G dirancang untuk para penikmat video game.

Notebook ini sangat tipis, bahkan menurut Consumer Business Lead AMD Indonesia Victor Herlianto, dimensi yang dimilikinya masuk dalam kategori ultra thin - lebar layar lebih besar dari 10-inci dengan ketebalan maksimal 22 milimeter.

Untuk kebutuhan gaming dalam bungkus yang kecil, Acer menyerahkan nasib V5-552G pada AMD. Dan mereka tidak tanggung-tanggung, AMD menghadirkan semua kemampuannya untuk gaming notebook ini. Di dalamnya Anda akan mendapatkan APU AMD Elite quad-core A10-5757M dengan chip grafis Radeon HD 8750.

 

Info menarik: Nintendo Game Boy Berulang Tahun yang Ke-25

 

Sebagai jendala Anda ke dunia digital, Aspire V5-552G memberikan layar 15,6-inci dengan resolusi 1366x768 pixel. Solusi ini bisa dibilang menarik, Acer tidak mau gamer mendapatkan layar yang terlalu kecil, namun mereka juga tetap ingin agar produk ini bisa memudahkan penggunanya untuk ber-gaming dimanapun mereka mau.

Dengan menggunakan chip yang saya sebutkan di atas, notebook ini memiliki arsitektur Graphics Core Next dan tentunya mendukung API Mantle disamping Microsoft DirectX 11. Kartu grafis HD 8750 memiliki memori VRAM 2GB DDR3, memori bandwith 128-bit, 384 Stream Core dan dipersenjatai berbagai teknologi seperti AMD Enduro agar daya tahan baterai lebih awet, Gesture Control dimana notebook bisa membaca gerakan tangan Anda, Face Login hingga Screen Mirror.

"AMD sangat bangga berkolaborasi dengan Acer dalam mengadirkan Aspire V5-552G untuk pasar Indonesia," ungkap General Manager AMD kawasan ASEAN, Ryan Sim dalam rilis pers. "AMD Elite APU A10 dapat mendukung pengalaman komputasi dan hiburan yang luar biasa bagi pengguna di Indonesia, terutama melalui keseimbangan sinergi arsitektur CPU dan GPU yang bekerja dalam satu chip."

Untuk pengalaman hiburan yang lebih lengkap, gaming notebook perdana dari Acer ini dilengkapi empat buah speaker stereo built-in dengan teknologi Digital Home Theatre. Penampilannya sangat kontras dengan gaming laptop biasa dengan desain bulky. Produk ini dibungkus dengan badan aluminium, berdimensi 381,6x255,95, berketebalan hanya 20,75 milimeter dan bobot 2 kilogram.

Yang menurut saya unik adalah tema yang diangkat kedua produsen ini, Mainstream Gaming. Dalam peluncurannya di Jakarta, seluruh unit Aspire V5-552G memamerkan permainan Battlefield 4. Bukankah permainan tersebut lebih pas ditujukan pada khalayak hardcore, bukan sekedar mainstream? Lalu apa kira-kira kriteria sebuah produk untuk masuk ke kelas mainstream?

AMD menjawabnya dengan enteng: bahkan walaupun ditujukan pada kelas menengah, Aspire V5-552G mampu menangani permainan-permainan dengan spesifikasi tinggi sekalipun.

Satu pertanyaan lagi saya tujukan pada penggarapan periferal keyboard-nya. Keyboard bisa dibilang merupakan bagian terlemah dalam produk gaming laptop. Banyak gamer - termasuk saya - yang terkadang menjadi sedikit 'emosional' dan terbawa suasana saat menikmati permainan. Dan keyboard notebook biasanya juga tidak senyaman varian mekaniknya.

 

Info menarik: Trailer Terbaru Dragon Age: Inquisition Sangat Epik dan Bebas-CGI

 

MSI yang memiliki pengalaman lebih banyak soal produksi notebook gaming menyerahkan tugas itu pada Steelseries - produsen periferal ternama, tapi Acer tampaknya cukup yakin dengan keyboard buatan mereka. Untuk melihat kualitasnya, kita harus menjajal Aspire V5-552G dengan lebih intensif.

Sebagai metode pemasaran, AMD menawarkan dua pilihan promo pada calon konsumen. Setiap pembelian notebook dengan chip AMD Eite APU 10, Anda bisa mendapatkan satu dari tiga pilihan game gratis: Battlefield 4, DmC: Devil May Cry atau Sonic All-Stars Racing. Permainan disajikan berupa serial number yang bisa Anda redeem. Untuk info lebih lanjut, silakan kunjungi AMD.com.

Aspire V5-552G sudah tersedia di toko-toko retail di Indonesia dan ditawarkan dengan harga Rp 7,8 juta. Informasi spesifikasi lebih lengkap bisa Anda dapatkan lewat link ini.